ARIPITSTOP.COM – Setelah sirkuit Mandalika yang sudah didepan mata rampung akhir bulan Oktober dan langsung digunakan untuk balapan WSBK pada November 2021, progres pembangunan sirkuit berkelas International juga akan dibangun di pulau Bintan, Kepulauan Riau.

Sirkuit bertaraf International nantinya akan tersebar dari ujung barat hingga timur Indonesia, pasalnya setelah sirkuit Mandalika juga tengah dirancang di pulau Bintan. Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo menerangkan pembangunan sirkuit yang memanfaatkan lahan sekitar 200 hektare di kawasan Bintan Motorsport, ditargetkan selesai pada tahun 2023. Sirkuit tersebut nantinya bisa digunakan untuk menggelar Formula 1 hingga MotoGP.

 

Masterplan pembangunan Bintan Motorsport akan terbagi dalam lima zona, yakni, fast zone (race circuit), water sport zone, residential zone, mixed used zone, dan eco zone.

“Populous merupakan konsultan internasional yang telah banyak mendesign arena motorsport. Antara lain, Silverstone Circuit, Alabama Motorsports Park Circuit, Dubai Autodrome and Business Park, Iceland Motopark, The Circuit of Wales, hingga The London Grand Prix. Termasuk juga mendesign Sirkuit Internasional Mandalika,” ujar Bamsoet.

“Lokasi Bintan Motorsport sangat strategis. Hanya memerlukan waktu sekitar 18 menit dari Bandara Hang Nadim, 30 menit dari pelabuhan Ferry Batam Centre, 40 menit dari Nagoya Pusat belanja, dan 45 menit dari Harbour Bay Batam. Lokasinya yang berdekatan dengan Singapura dan Malaysia, menjadikan industri pariwisata di Bintan sangat kompetitif. Sangat tepat dikembangkan menjadi arena Motorsport bertaraf internasional, sebagai destinasi sport automotive tourism unggulan dalam mendukung pengembangan Batam menjadi salah satu kota wisata terbaik di Indonesia,” tutur Bamsoet.

Jika terlaksana maka Indonesia akan semakin banyak memiliki sirkuit yang berkelas Internasional yang bisa digunakan untuk balapan sekelas Formula 1 atau MotoGP. Atau nantinya bisa dibagi, balapan MotoGP di Sirkuit Mandalika lalu sirkuit di Pulau Bintan ini untuk balapan Formula 1.

Advertisements

4 KOMENTAR

  1. sangat tidak relevan. rencana project tandingan. apakah tidak ada oembangunan lain selain sirkuit?????? tolong cerdas berfikir kebanyak sirkuit malah bangunan lain akan tidak berfungsi. tolong pak bamsoet pikir2 lagi rencana… INGAT uang yg akan anda pakai itu Uang rakyat. yg belim tentu pembamgunan ini akan dirasakan dampaknya oleh wong cilik. bangun sarana lain lah yg bisa meningkatkan hjat warga daerah setempat. jgn bikin tandingan. hambur2kan uang negara. Cerdas sedikitlah abangku

  2. Komisi nya belum cukup dan nggak bikin kenyang rakyat, otak kerdil kenapa nggak mensejahterakan rakyat saja agar kenyang,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here