ARIPITSTOP.COM – Balapan penuh dengan drama dan penuh dengan adegan pembalap yang terjatuh tersaji di balapan MotoGP Misano 2. Marc Marquez akhirnya menjadi pembalap yang finish terdepan usai Bagnai terjatuh, posisi kedua ada Pole Espargaro yang menjadi podium pertamanya sejak bergabung dengan Repsol Honda dan posisi ketiga ada kejutan Bastianini yang merebut podium ketiga setelah berhasil menyalip Quartararo di lap terakhir. Dan disini memastikan bahwa Quartararo menjadi juara dunia MotoGP 2021.

Bagnaia memulai balapan MotoGP Emilia Romagna di Sirkuit Misano dengan baik. Start pole posiion, ia langsung memimpin balapan selepas start. Jack Miller yang start kedua menguntit persis di belakang. Namun Marc Marquez melaju cepat dan berada di urutan ketiga.

Nasib sial harus diterima Joan Mir yang terlibat insiden dengan Danilo Petrucci dari KTM Tech3 di tikungan 2.

Awalnya, Jack Miller bertugas menjaga Pecco Bagnaia agar tidak terkejar Marc Marquez. Tapi tidak berselang lama, pembalap Australia itu mengalami kecelakaan ketika melibas Tikungan 15. Akhrinya iring-iringan antara Bagnaia dan Marc Marquez mewarnai sisa balapan.

Duel sengit di baris depan tak terelakkan antara Marc Marquez dan Bagnaia yang berada di urutan pertama. Menggunakan ban kombinasi kompon keras dan medium, Bagnaia tampak kesulitan membuka gap lebar dari Marquez. Selisih keduanya konsisten di angka 0,2-0,4 detik.

Memulai balapan dari posisi 15, Quartararo terus semakin naik berhasil overtake satu persatu pembalap di depannya, memang luar biasa pembalap asal Prancis ini. Lap kelima Quartararo berada di posisi 10.

Dua pembalap LCR Honda, Alex Marquez dan Takaaki Nakagami sempat mengalami crash. Kecelakaan juga dialami oleh pembalap Pramac Racing, Jorge Martin saat dia melaju di tikungan 1.

Quartararo perlahan-lahan mampu memperbaiki posisinya, di mana kini sudah berada di urutan keenam.

Sayangnya pada lap 16, Bagnaia mengalami kecelakaan saat mendapat tekanan dari Marc Marquez. Akibat terjatuh, Quartararo hanya main aman karena dirinya dipastikan menjadi juara dunia MotoGP 2021, bahka ketika balapan menyisakan satu lap lagi dan posisi Quartararo diposisi 3, dirinya pasrah ketika disalip oleh Bastianini dan gagal podium ketiga namun dirinya mencetak sejarah menjadi pembalap pertama asal Prancis yang berhasil menjadi juara dunia MotoGP.

Berikut hasil MotoGP Emilia Romagna 2021:

1. Marc MARQUEZ (Repsol Honda) 41’52.830
2. Pol ESPARGARO (Repsol Honda) +4.859
3. Enea BASTIANINI (Avintia Esponsorama) +12.013
4. Fabio QUARTARARO (Monster Energy Yamaha) +12.775
5. Johann ZARCO (Pramac Racing) +16.458
6. Alex RINS (SUZUKI) +17.669
7. Aleix ESPARGARO (Aprilia) +18.468
8. Maverick VIÑALES (Aprilia) +18.607
9. Luca MARINI (SKY VR46 Avintia) +25.417
10. Valentino ROSSI (Petronas Yamaha SRT) +27.735
11. Brad BINDER (Red Bull KTM) +27.879
12. Michele PIRRO (Ducati) +28.137
13. Andrea DOVIZIOSO (Petronas Yamaha SRT) +41.413
14. Franco MORBIDELLI (Monster Energy Yamaha) +42.830
15. Takaaki NAKAGAMI (LCR Honda) +1’22.462

Gagal finis

Francesco BAGNAIA (Ducati)
Miguel OLIVEIRA (Red Bull KTM)
Jorge MARTIN (Pramac Racing)
Iker LECUONA (Tech 3 KTM)
Alex MARQUEZ (LCR Honda)
Jack MILLER (Ducati)
Danilo PETRUCCI (Tech 3 KTM)
Joan MIR (SUZUKI)

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here