ARIPITSTOP.COM – Tahun pertamanya sirkuit Mandalika langsung menggelar dua balapan penting yaitu Asia Talent Cup (ATC) dan World Superbiker (WSBK), kedua balapan ini dibawha naungan Dorna yang juga menaungi balapan MotoGP. Dalam ajang dua balapan penting di tahun 2021 ini, ada pembalap yang akan mewakili Indonesia untuk berusaha mengikarkan bendera merah putih di sirkuit Mandalika, siapa saja mereka?.

Balapan pertama yang akan digelar oleh sirkuit Mandalika adalah Asia Talent Cup (ATC) yang digelar pada tanggal 12-14 November 2021. Balapan ini merupakan balapan untuk para pembalap junior di benua Asia. Balapan ini diikuti oleh pembalap dari berbagai negara seperti Australia, India, Indonesia, Jepang, Malaysia, Qatar, Thailand, dan Turki.

Balapan ATC ini hanya memakai motor tunggal yaitu Honda NSF250R. Di atas kertas, Honda NSF250R sendiri bertenagakan mesin 4-tak berpendingin cairan, silinder tunggal, dengan bore dan stroke 78,0 x 52,2 mm. Adapun kapasitas mesin motor ini adalah 249,3 cc, DOHC, dengan rasio kompresi 12.3: 1. Kemudian motor ini memiliki panjang total 1.809 mm, lebar total 560 mm, tinggi total 1.037 mm, jarak sumbu roda 1.219 mm, ground clearance 107 mm, dan tinggi jok 729 mm.

Musim ini Idemitsu Asia Talent Cup diselenggarakan di 3 sirkuit dengan jumlah 8 race. Adapun sirkuit yang menggelar IATC 2021 yakni Sirkuit Losail Qatar, Sirkuit Twin Ring Motegi Jepang, dan terakhir di Sirkuit Pertamina Mandalika.

Ada 4 pembalap Indonesia yang akan berusaha mengibarkan bendera merah putih untuk pertama kalinya di sirkuit Mandalika. Pembalap tersebut merupakan pembalap binaan AHM yaitu Fadillah Arbi Aditama (15), Herlian Dandi (14), Azryan Dheyo Wahyumaniadi (15), Herjun Atna Firdaus.

Kemudian di ajang balapan WSBK yang akan digelar sepekan setelah ATC juga ada satu pembalap Indonesia yang berusaha menggemakan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Pembalap yang akan membela Indonesia ini adalah Galang Hendra yang merupakan pembalap binaan Yamaha. Pembalap asal Yogyakarta ini terjun di kelas WorldSSP bersama Ten Kate Racing Yamaha bersama pembalap Swiss, Dominique Aegerter yang baru saja menggelar pesta menjadi juara dunia 2021.

Sejauh ini, Galang Hendra masih berada di posisi ke-18 klasemen sementara WorldSSP dengan koleksi 24 poin. Ia bisa saja memperbaiki posisinya jika tampil menawan di Sirkuit Mandalika, Indonesia.

Advertisements

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here