ARIPITSTOP.COM – Apakah ini akan menjadi babak terakhir balapan motor listrik di MotoGP atau akan menjadi babak baru dalam perkembangan balapan motor yang mengandalkan tenaga listrik. Energica yang menjadi ppemasok tunggal motor listrik di balapan MotoE sejak 2019 resmi menghentikan kerjasamanya dengan Dorna sampai akhir musim 2022.

Dorna Sports mengumumkan bahwa Energica Motor Company akan berhenti memasok motor untuk kejuaraan balap motor listrik FIM Enel MotoE usai musim 2022. Energica menjadi pemasok motor listrik tunggal di MotoE sejak 2019. Pabrikan asal Italia itu menjadi bagian penting perkembangan MotoE dan juga balapan motor listrik di dunia.

Sampai saat ini belum ada informasi kelanjutan apakah balapan MotoE akan dihentikan atau justru akan menjadi babak baru dalam balapan motor listrik mulai musim 2023 dimana para peserta balapan motor listrik ini bisa dari berbagai merk bukan hanya dari Energica. Bisa kita lihat hasil balapan selama 3 tahun ini tidak ada kendala serius saat balapan terutama di sisi teknis, artinya ketahanan motor listrik untuk diajak balapan sudah tidak diragukan lagi.

Nicolas Goubert, Direktur Eksekutif MotoE mengatakan, dalam banyak aspek tiga musim pertama MotoE merupakan tantangan dan bukan tugas yang mudah untuk dilakukan.

“Tiga musim pertama Piala Dunia FIM Enel MotoE telah memberikan pertunjukan yang luar biasa terlepas dari semua tantangan eksternal yang tak terduga yang telah dilemparkan kepada kami. Itu bukan tugas yang mudah untuk dilakukan dan sangat baru dalam banyak aspek, tetapi kami melakukannya dan ini berkat upaya bersama antara semua pihak yang terlibat. Sejak awal, Energica telah membawa pengetahuannya ke trek dengan cara yang tidak dapat membuat kami senang, memberikan paket yang terbukti sangat kompetitif, menunjukkan kecepatan maksimum yang mengesankan (melebihi 260km/jam di Barcelona pada tahun 2021). ), dan waktu putaran yang pada beberapa kesempatan sejalan dengan kelas lain – meskipun sejarah sepeda motor listrik jauh lebih pendek.

“Mungkin yang lebih mengesankan daripada performa di trek, adalah keandalan motornya, karena tidak satu pun dari 18 pembalap yang pernah mengalami kegagalan mekanis selama balapan mana pun yang kami nikmati dalam tiga musim. Kemampuan mereka untuk merespons dengan cepat dan efektif permintaan kami dan permintaan yang datang dari pengendara dan tim adalah bukti dari semua keahlian dan semangat yang mereka bawa ke seri ini. Semua pihak berkomitmen untuk terus memberikan upaya maksimal mereka hingga 2022, untuk tahun balap yang spektakuler lagi. Saya benar-benar ingin berterima kasih kepada Energica atas kualitas produk inovatif mereka dan keterlibatan mereka dalam seri MotoE.”

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini