ARIPITSTOP.COM – Dengan sedih untuk keduanya kalinya berturut-turut balapan paling akbar se-Asia akhirnya harus dibatalkan akibat pandemi Covid-19. Musim 2021 yang rencana awalnya akan digelar secara keseluruhan hanya ada di satu sirkuit yaitu di Thailand, ternyata tetap mengalami kendala dan akhirnya harus dibatalkan.

Dikutip langsung dari press release yang dikeluarkan oleh Two Wheels Motor Racing (TWMR), Musim 2021 dari FIM Asia Road Racing Championship harus dibatalkan. Dengan banyaknya persyaratan administratif yang diberlakukan akibat pandemi di masing-masing negara, banyak tim balap menghadapi kesulitan dengan aplikasi perjalanan mereka.

Prosedur karantina yang berbeda, kurangnya penerbangan, dan banyak hambatan lainnya membuat grid Asia tidak mungkin berkumpul kembali untuk tahun 2021. Oleh karena itu, dengan sangat menyesal, TWMR telah memutuskan untuk mengonfirmasi bahwa FIM Asia Road Racing Championship tidak akan diadakan di 2021.

Ron Hogg, Direktur Balap Motor Roda Dua

“Saya ingin memulai dengan mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Thailand dan khususnya kepada Sirkuit Internasional Chang. Bekerja sama, kami tidak meninggalkan kebutuhan bisnis yang terlewat dalam upaya kami untuk menyatukan grid pada tahun 2021. Kami terutama ingin berterima kasih kepada Sirkuit Internasional Chang, Otoritas Olahraga Thailand, dan Federasi Klub Olahraga Motor Thailand. Dengan bantuan agensi-agensi ini, kami dapat mengonfirmasi bahwa kami berusaha sekeras mungkin hingga saat-saat terakhir. Kami bekerja keras untuk mewujudkannya. Namun, tidak semuanya berada dalam kendali kita.

Pembatasan di antara negara-negara Asia lebih ketat dibandingkan dengan kawasan lain seperti Eropa. Menyatukan grid akan menjadi urusan yang sangat mahal, terutama dengan prosedur karantina yang diperlukan ketika tim pulang ke negara masing-masing. Oleh karena itu, kami percaya bahwa akan lebih baik untuk mengkonsolidasikan semua sumber daya kami untuk memulai musim 2022. Yakinlah, rencana untuk tahun 2022 akan diumumkan pada waktunya. Sementara itu, kami juga ingin mengucapkan terima kasih kepada semua mitra, tim, pebalap, dan penggemar kami. Tetap kuat, tetap aman, mari bersiap-siap untuk mengaum tahun depan!”

Stephan Carapiet, Presiden FIM Asia

“FIM Asia mendukung keputusan FIM Asia Road Racing Championship untuk membatalkan musim 2021. Asia adalah wilayah yang lebih padat penduduknya dibandingkan dengan bagian lain dunia. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika pemerintah Asia memberlakukan pembatasan yang lebih ketat terkait dengan acara olahraga internasional. Hal-hal menjadi lebih buruk dengan peraturan yang tampaknya terus berubah.

Saya sama kecewanya dengan semua orang tentang keputusan yang tak terhindarkan ini. Namun, mari kita nantikan tahun yang hebat di 2022.”

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here