ARIPITSTOP.COM – Sebentar lagi mimpi Indonesia kembali menjadi tuan rumah balapan MotoGP segera terwujud, balaan ini bakal digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Sebelum MotoGP, akhir tahun ini Sirkuit Jalan Raya Mandalika juga dipastikan menggelar balap Asia Talent Cup (ATC) dan World Superbike (WSBK). Bukan hanya sirkuit Mandalika saja, namun Ketua MPR RI Bambang Soesatyo ingin agar Sirkuit Sentul di Bogor, Jawa Barat, di-upgrade supaya bisa menggelar ajang balap bergengsi seperti MotoGP dan Formula 1 (F1).

Sirkuit Sentul menggelar balap internasional kelas tertinggi adalah pada periode 1996-1997 saat mesin MotoGP masih memakai spek mesin berkapasitas 500cc. Valentino Rossi pernah berjaya di sirkuit kebanggaan masyarakat Indonesia ini, namun kini semua sedang tertuju pada sirkuit baru yang akan segera selesai dan langsung menggelar balapan WSBK dan MotoGP. Tidak mau dilupakan begitu saja karena sudah ada sirkuit baru, Ketua IMI (Ikatan Motor Indonesia) ini berharap sirkuit sentul segera dibenahi.

Bambang Soesatyo bersama sejumlah tokoh senior otomotif punya rencana untuk mengembangkan kawasan Sentul sebagai Pusat Olahraga dan Mobilitas Otomotif Indonesia. Karena di Sentul sudah terdapat dua sirkuit bertaraf internasional, yakni Sirkuit Internasional Sentul, Sirkuit Internasional Karting Sentul, dan kini juga sedang dibangun Stage Park Sentul.

“Untuk olahraga, Sirkuit Internasional Sentul bisa menjadi tuan rumah berbagai olahraga balap mobil. Berbagai sarana dan prasarananya juga akan kita upgrade sehingga bisa digunakan menjadi tuan rumah Formula 1 (F1) dan juga MotoGP. Sedangkan Sirkuit Internasional Karting Sentul, bisa digunakan menjadi tuan rumah sementara balap motor dan gokart,” kata tokoh yang akrap disapa Bamsoet, dalam unggahan di akun media sosial, Instagram-nya.

“Berbagai sarana dan prasarana akan ditingkatkan, sehingga (Sentul) bisa menjadi tuan rumah Asia Pacific Rally Championship ( APRC), FIA World Rally Championship (WRC), hingga dunia motocross MXGP,”

“Banyak pelaku usaha modifikasi otomotif yang sedang mencari lokasi strategis. Dari segi akses maupun history. Kawasan Sentul bisa menjadi salah satu jawabannya. Secara lokasi sangat strategis. Secara history, Sentul dan otomotif punya ikatan batin yang kuat,” pungkas Bamsoet Bamsoet usai bertemu Tommy Soeharto, Komjen Pol (P) Budi Waseso dan Letjen TNI AM Putranto,di Kawasan Sultan Hambalang Sentul, Kabupaten Bogor, Sabtu (9/10).

Advertisements

2 KOMENTAR

  1. selain kondisi internal sirkuit sentul yang harus di-upgrade, fasilitas penunjang lain dan akses juga harus ditingkatkan

    dukunglah kalau sentul mau jadi host even balapan MotoGP lagi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here