ARIPITSTOP.COM – Viral seorang perempuan yang menjadi korban dari pengendara yang sambil merokok, perempuan ini mengisahkan jika matanya sampai sulit dibuka akibat pedih terkena abu rokok.

Viral di media sosial, curhatan seorang wanita yang matanya terkena abu rokok akibat ulah pengendara kendaraan lainnya, Minggu (3/10/2021). Cuitan itu ditulis oleh akun Twitter bernama @AkunFirda. Dalam unggahannya ia juga menambahkan foto kondisi mata setelah terkena bara rokok dari pengguna jalan lain yang tidak bertanggung jawab itu.

“Woy plis jangan ngerokok di jalan dong. Kalau ngerokok di mobil pun jangan buang bara ke luar. Barusan mata gw kena bara rokok sampe gabisa buka mata, pedih banget. Jadi perokok yang bertanggung jawab lah,” tulis cuitan tersebut.

Sangat disayangkan sampai saat ini masih banyak sekali pengendara mobil maupun motor yang masih sambil merokok, apalagi pengendara mobil yang seenaknya tiba-tiba membuang abu rokok dari jendela.

Padahal aturan sudah dibuat khusus untuk pengendara yang sambil merokok akan terkena sangsi tilang, faktanya peraturan ini tidak diindahkan oleh mereka yang suka mengendara sambil merokok.

Merokok saat berkendara jelas merugikan pengendara yang lain, abu rokok bisa terkena pengguna jalan yang lain, bahkan asap dari rokok tersebut mengganggu pernafasan pengguna jalan yang lain.

Larangan merokok saat berkendara telah ditetapkan dalam Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor PM 12 tahun 2019 Pasal 9 yang berbunyi, ‘Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan wajib mengemudikan kendaraannya dengan wajar dan penuh konsentrasi’.

Bagi yang nekat melakukannya maka petugas berhak untuk menindak. Mengacu pada UU No. 22 tahun 2009 pasal 283, pengemudi dapat dipidana dengan maksimal 3 bulan dan denda paling banyak Rp 750.000.

Advertisements

4 KOMENTAR

  1. Kebanyakan orang merokok nggak menyadari kalau banyak ganggu orang di sekitarnya. Orang di sampingnya terpaksa ikut menghirup racun dari asap rokonya. Bahkan ada yg sambil gendong anaknya yg masih kecil juga sambil merokok. Gitu kalau pas anaknya sesak atau batuk, tanya habis makan apa ya kok batuk? Padahal terkena asap rokoknya…. Hhhmmm… Dan bosnya pabrik rokok besar di indo ketika ditanya wartawan “anda kan pemilik pabrik rokok, kenapa tidak merokok?” Bos itu jawab “kalau saya merokok, nanti sakit-sakitan, saya tidak bisa menikmati kekayaan saya”

  2. Dan masih banyak juga pengendara lainnya yang gak mau negur pengendara yang sedang merokok, jadi yang negur cuma satu orang saja yang lain cuek bebek ya gak di gubris, coba orang yang gak ngerokok atau perokok yang ngerti tentang hal ini kompak negur 100% orang mau ngerokok sambil berkendara mikir2 lagi.

      • malah nyari perkara sih soalnya giliran negur yg ngeroko malah dia nantangin gelud kita. jd hanya bisa mendoakan saja semoga dia kena bara roko dr pengendara yg lain biar mereka sama sama gelud 🤣🤣

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here