ARIPITSTOP.COM – Kode 12 adalah salah satu kode keramat yang menghantui para pemilik motor Yamaha Aerox 155 lawas generasi pertama dan para pemilik motor Lexi 125. Sebuah kode yang sering muncul di speedometer disertai dengan motor yang tidak bisa distarter bahkan sampai mogok, lalu bagaimana solusinya?.

Beberapa waktu yang lalu saya pernah membuat artikel mengenai kode 12 ini juga, cara mengatasi soket spul yang terbakar sehingga muncullah kode 12 ini. Dalam artikel tersebut saya jelaskan salah satu cara mengakali soket spull dengan cara disambung langsung (link artikel.

Nah kali ini saya hanya sekedar menginformasikan jika saat ini Yamaha sudah mengeluarkan spull model baru untuk Aerox 155 model lawas dan Lexi 125, sebenarnya informasi ini sudah saya dapatkan sejak satu tahun yang lalu namun baru kali ini saya share di blog disertai dengan foto wujud spull model terbaru ini, kebetulan ada yang baru ganti spull ini di bengkel Zona Speed, hehehehe…

Jadi, intinya Yamaha mengeluarkan spul model baru untuk Aerox 155 dan Lexi 125 dengan kode B63-H1410-10, ingat ya… harus memakai kode tersebut ketika membeli, karena spul model lama masih banyak beredar di pasaran, kalau spul model lama kode partnya B63-H1410-00.

  • Spull model lama kode B63-H1410-00
  • Spull model baru kode B63-H1410-10

Atau pakai yang Kit dengan kode 99999-04498, isinya spul, braket dan kabel tis, soal harga tidak beda jauh.

Yap, cuma beda kode bagian belakang saja, jangan sampai salah beli… harganya berapa? cuma 800ribuan.

Bedanya apa antara spul lama dengan model baru?, bedanya ada di panjang kabel, kalau spul model lama kabelnya pendek dan soketnya ada di atas spull, kalau yang model baru ini kabelnya super panjang sampai ke SGCU. Ini penampakannya:

 

Advertisements

4 KOMENTAR

  1. Mas bro punya saya soketnya gak kebakar pun sering muncul kode 12 itu. Sama bengkel resmi di sarankan ganti spul plus kabel body. Tapi saya cuma ganti spullnya saja ( gak tau model lama atau baru). Harusnya sebagai bentuk tanggung jawab yimm merecall motor yg pake spull lama dan menggantinya dengan yg baru cuma²..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here