ARIPITSTOP.COM – Yamaha membuat badai Corona di kelas motor sport 150an cc, semua terdiam membisu terbelalak seolah2 kelas motor sport 150an cc dihantam badai fitur ketika Yamaha resmi merilis R15 V4. Fitur yang begitu melimpah untuk kelas sort 150cc. Tengok tampangnya, mengadopsi desain Yamaha R7 yang sporty. Lampu utamanya kini pakai model LED projector dan diletakkan di tengah. Lalu di kedua sisinya terdapat lampu DRL, yang makin menguatkan kesan R series, lalu apa saja sich fiturnya?.

Yamaha R15 V4 tetap mengandalkan rangka Delatabox, Sementara mesin, masih dibekali teknologi VVA dengan kapasitas 155 cc. Mesinnya dapat menghasilkan tenaga hingga 18,2 tk pada 10.000 rpm dan torsinya 14,2 Nm pada 7.500 rpm. ini spek mesin di India, ada indikasi perbedaan nantinya terutama di power untuk versi Indonesia.

Yamaha R15 v4 hadir dengan 5 warna pilihan, untuk R15 yakni Metallic Red, Dark Knight dan Racing Blue. Sedangkan untuk R15M yaitu  Monster Energy Yamaha MotoGP Edition dan Metallic Red.

Untuk harganya, dibanderol mulai dari 167.800 rupee atau sekitar Rp 32,4 jutaan hingga 179.800 rupee atau sekitar Rp 34,7 jutaan.

R15 

R15M

Lalu apa saja fitur yang ada di R15 V4 ini?

Bahas dulu di bagian Speedometer, Yamaha R15 V4 dibekali panel kluster seperti yang dimiliki R1 yang terlihat semakin keren. Fitur yang ada di Speedometer full digital ini buanyak baunget…. ada indikator, seperti gear, street, track, quick shifter, status battery (aki), status bahan bakar, speedometer, tachometer, odometer, tripmeter, termasuk SMS alert dan calling alert. Panel kluster tersebut juga sudah terhubung dengan fitur Yamaha Motorcycle Connect, seperti yang sudah ada di jajaran MAXI Yamaha (Nmax dan Aerox).

Belum habis bro… di bagian Speedometer ini juga ada Riding mode, namun riding mode disini bukan pada perbedaan power melainkan perbedaan penampilan speedometernya saja. R15 V4 dibekali dengan opsi dua riding mode yakni track mode dan street mode.

Track mode akan memuat informasi latest lap time dan fastest lap time, jadi khusus di trek sirkuit ya bro…

Street mode, fitur ini layaknya tampilan speedometer pada umumnya.

Lanjut… R15 V4 dibekali fitur side stand engine cut-off switch stand, fungsinya mematikan mesin Jika standar samping terbuka dan gear dimasukkan 1 sampai gear terakhir / gear 6 (keadaan Kopling terbuka). Fitur yang ada di moge2 itu loch…

Kemudian di bagian rem, motor ini dibekali rem ABS (Anti-lock Braking System) dual channel, serta ban belakang super besar dengan profil 140 mm super wide radial tyre.

Nggak cuku satu, tai R15 V4 kini dibekali dua cs klakson, nggak erlu lagi dech pakai klakson keong2, ini aja sudah kenceng.

Yang tidak kalah keren, Yamaha R15 V4 ini juga sudah dilengkapi fitur traction control yang bisa mencegah roda belakang selip saat dilakukan akselerasi.

Yamaha R15M kehadiran Quick Shifter yang akan membuat perpindahan gear semakin cepat karena tidak lagi membutuhkan mekanisme tarik tuas kopling terlebih dahulu.

Perpindahan gigi dan akslerasi semakin asik berkat fitur Assist and Slipper clutch.

Spesifikasi;

Engine type Liquid-cooled, 4-stroke, SOHC, 4-valve
Displacement 155 CC
Bore & stroke 58.0 mm × 58.7 mm
Compression ratio 11.6 : 1
Maximum horse power 13.5kW(18.4PS)/10000 RPM
Starting system type Electric starter
Transmission type Constant mesh, 6-speed
Clutch type Wet, multiple-disc
Fuel system Fuel injection
Maximum torque 14.2 Nm (1.4 kgfm) @7,500 RPM

Overall Length 1,990 mm
Overall Width 725 mm
Overall Height 1,135 mm
Seat height 815 mm
Wheel base 1,325 mm
Minimum ground clearance 170 mm
Kerb Weight
(with oil & a full fuel tank)
142 kg
Fuel tank capacity 11 L

Frame type Deltabox
Front suspension system Telescopic upside Down Fork (USD Fork)
Rear suspension system Linked-Type Monocross Suspension
Brake type (Front) Disc brake (282 mm)
Brake type (Rear) Disc brake (220 mm)
Tyre size (front) 100/80-17M/C 52P – Tubeless
Tyre size (rear) 140/70R17M/C 66H – Radial Tubeless
Inner tube (diameter of front fork) 37.0 mm
ABS Dual channel

Battery 12V, 4.0Ah
Headlight Bi-functional LED (Class D)
Position light LED
Brake/tail light LED
Speedometer Digital
Tachometer Digital
Fuel meter Digital
Side stand engine cut-off switch Equipped
Dual horn Equipped
Gear position indicator Equipped
Fuel consumption indicator Equipped
Shift timing light Equipped
VVA indicator Equipped
Clock Digital,auto adjust with smartphone connectivity
VVA Equipped
Riding Modes Track Mode / Street Mode
Y-Connect (Smartphone Bluetooth Connectivity) Equipped
Traction control system Equipped
Quick shifter(up-shift) Equipped

2 KOMENTAR

  1. hy bagian switch side stand yg gak bakal dirawat ma yg py motor , soalnya dr awalnya matikc yg pakai jarang ada yg nama dirawat pas hujan pakai wd40 , rusak ya ganti pdhal harganya lmyn jg ma pasang ma aplg apes kl dpt yg kw atau aspal

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini