ARIPITSTOP.COM – Sepang Racing Team yang kini berlaga di 3 kelas MotoGP resmi dibubarkan mulai akhir musim 2021 dan akan berubah entitasnya mulai musim 2022. Setelah kehilangan sponsor utamanya yaitu Petronas sebagai penyokong dana paling besar, tim SRT akhirnya membubarkan tim yang turun di kelas Moto3 dan Moto2 dan untuk musim 2022 hanya akan berlaga di kelas utama MotoGP dengan identitas baru bernama RNF MotoGP Racing. Tim inipun telah menandatangani kontrak dengan pihak penyelenggara MotoGP sampai tahun 2026.

Era baru akan dimulai untuk Sepang Racing Team pada tahun 2021 saat tim tersebut berganti nama menjadi RNF MotoGP Racing. Kontrak lima tahun yang ditandatangani antara RNF Racing dan IRTA melihat struktur yang dimodel ulang melanjutkan partisipasi mereka sebagai Tim Independen di kelas MotoGP ™ dari Kejuaraan Dunia FIM MotoGP ™, dengan mantan CEO Sirkuit Internasional Sepang dan Kepala Tim Razlan Razali yang tersisa. di helm.

Setelah bertahun-tahun pengalaman dan sukses di kelas Moto2™ dan Moto3™, Sepang Racing Team memasuki kelas utama balap Grand Prix pada tahun 2019, menurunkan pembalap Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli. Dengan Quartararo mengambil tujuh podium yang belum pernah terjadi sebelumnya di musim debutnya dan tim di MotoGP™ dan Morbidelli kehadiran yang konsisten di lima besar, pakaian itu menyapu gelar Tim Independen dan menyelesaikan tahun keempat secara keseluruhan di Kejuaraan Beregu – dengan Quartararo dinobatkan Rookie of the Year, menempati urutan kelima di Kejuaraan, dan Morbidelli diklasifikasikan dalam sepuluh besar.

Musim lalu, struktur tersebut memperoleh enam kemenangan Grand Prix kelas utama pertama mereka, dengan Morbidelli dan Quartararo masing-masing meraih tiga kemenangan. Kedua pebalap berjuang untuk Kejuaraan Pembalap dan Morbidelli mengakhiri musim sebagai runner up, dengan Petronas Yamaha SRT juga diklasifikasikan kedua di Kejuaraan Beregu dan tim mempertahankan kedua Tim Independen terbaik dan piala Pembalap Independen terbaik.

Kesuksesan podium berlanjut pada tahun 2021, tetapi sekarang era baru akan dimulai. RNF Racing yang berganti nama akan berlomba sebagai Tim Independen di kelas MotoGP™ dari tahun 2022 hingga setidaknya 2026, dengan Razali tetap memimpin saat proyek tersebut berusaha untuk mencapai tingkat yang lebih tinggi.

Razlan Razali, RNF Racing Team Principal: “Ini merupakan perjalanan angin puyuh bagi kami. Dalam beberapa bulan terakhir, kami telah mengerahkan semua upaya kami untuk mengatur ulang, mengubah citra, dan meluncurkan kembali sebagai tim MotoGP yang segar dan lebih kuat. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Carmelo atas kepercayaan dan kepercayaannya yang berkelanjutan kepada saya untuk memulai babak kedua ini dengan tim yang baru dibangun kembali bersaing di kelas utama MotoGP selama lima tahun ke depan. Untuk musim depan, di bawah entitas baru RNF MotoGP Racing, tim yang berganti nama akan melanjutkan cetak biru kami yang telah terbukti sukses sebelumnya. Harapan akan tinggi dan kami akan berusaha keras untuk memenuhi aspirasi ini. Dilengkapi dengan pengalaman yang kami peroleh dan telah mencapai banyak sorotan di masa lalu, kami menantikan musim 2022 sebagai entri tim yang lebih kuat.”

Carmelo Ezpeleta, CEO Dorna Sports: “Senang bisa terus bekerja dan bermitra dengan struktur tim yang dipimpin oleh Razlan Razali, di bawah RNF MotoGP Racing yang baru. Hubungan kerja panjang kami sangat menarik bagi penggemar dan kompetisi. Saya tahu Razlan sangat bersemangat dengan proyek ini dan saya yakin kami akan terus melihat hal-hal hebat dari tim baru di musim mendatang dan seterusnya. Razlan telah menjadi aset besar bagi keluarga MotoGP sejak hari-harinya di Sepang, dan telah membantu mengembangkan olahraga di Malaysia dan di seluruh kawasan penting Asia Tenggara pada umumnya.”

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here