ARIPITSTOP.COM – Sudah sah, meski sebelumnya sudah dipastikan Dovizioso bergabung dengan Yamaha, akan tetapi kepastian tersebut belum dalam bentuk legal MOU, kini sudah sah… Dovizioso telah teken kontrak dengan Yamaha sampai akhir musim 2022 menggunakan motor M1 spec pabrikan bersama tim SRT Petronas.

Andrea Dovizioso akan bergabung dengan Tim Balap Petronas Yamaha Sepang untuk sisa musim 2021, sebagai pengganti pembalap Italia Monster Energy Yamaha MotoGP Franco Morbidelli. Yamaha juga telah mengkonfirmasi Dovizioso akan naik untuk Tim Independen mereka pada tahun 2022.

Dovizioso melakukan debut MotoGP™ pada tahun 2008 setelah merebut gelar Kejuaraan Dunia 125cc pada tahun 2004. Pada musim pertamanya di kelas utama ia selesai sebagai pebalap Independen teratas, dan mengklaim kemenangan pertamanya satu tahun kemudian. Sejak balapan kelas utama pertamanya, pembalap Italia itu telah mengumpulkan total 62 podium, 15 kemenangan, dan 7 pole position. Selain itu, Dovi juga berada di pertarungan kejuaraan pada 2017, 2018 dan 2019 – mengakhiri tiga tahun sebagai runner-up.

Menandai kembalinya yang sangat dinanti-nantikan ke Kejuaraan, Dovizioso akan bergabung dengan skuad Malaysia sebagai rekan setim Valentino Rossi untuk sisa musim 2021, dimulai di GP San Marino akhir pekan ini. Selama musim 2022, Dovi akan mengendarai YZR-M1 spesifikasi pabrik dan mendapat dukungan penuh dari Yamaha Motor Co., Ltd.

MORBIDELLI BERGABUNG DENGAN TIM BALAP PABRIK YAMAHA DARI 2021-2023

Razlan Razali: “Kami sangat senang dengan keputusan kolektif antara Yamaha dan Petronas Yamaha SRT untuk menyambut Andrea Dovizioso dari balapan ini dan seterusnya hingga akhir tahun. Jelas dia adalah pembalap yang sangat berbakat dan sangat dihormati, dan kami senang melihatnya kembali di paddock MotoGP setelah cuti panjangnya dan mengenakan seragam kami. Kami senang dengan susunan pemain Dovi bersama Valentino, dan kami memiliki dua pahlawan balapan kandang di Misano akhir pekan ini.

“Tentu saja, ini mungkin karena Franky pindah ke tim pabrikan bersama rekan setim lamanya, Fabio, dan kami sangat senang dan bersemangat untuknya. Dia telah tampil luar biasa bagi kami, terutama tahun lalu sebagai wakil juara, dan perkembangan ini adalah tujuan dari tim independen – untuk mengembangkan pembalap untuk tim pabrikan dan membantu mereka melakukan yang terbaik dari kemampuan mereka. Untuk pertama kalinya line-up tim pabrikan Yamaha terdiri dari dua pebalap yang telah lulus dari tim kami, dan kami sangat bangga akan hal itu. Bagi saya ini adalah tanda yang jelas dari kolaborasi yang lebih kuat dan lebih dalam antara kami dan Yamaha. Kami selalu siap mendukung pabrik, dan saya pikir dengan solusi dan fleksibilitas ini kita semua melihat manfaat yang jelas, jadi kami sangat senang, dan tentu saja berterima kasih kepada Franky dengan tulus atas semua kerja kerasnya dan berharap yang terbaik untuknya. .”

Andrea Dovizioso: “Meskipun saya tidak berharap untuk kembali ke MotoGP seperti ini, saya tidak pernah menutup pintu dan senang berada di sini bersama Yamaha dan Petronas Yamaha SRT. Saya ingin mencoba menikmati situasi baru dan saya sangat senang bisa kembali. Akan menarik untuk berada di motor yang sama sekali berbeda dengan yang saya kendarai sebelumnya dan saya menantikan pengalaman itu. Saya mengunjungi tim di Aragon dan rasanya hampir seperti tahun 2012 lagi dan duduk di atas motor Yamaha terasa sama baiknya. Sangat menyenangkan untuk pertama kali duduk di motor dan melakukan penyesuaian awal, sehingga kami sudah selangkah lebih maju dari FP1 di Misano. Saya perlu berada di trek untuk memahami detailnya dan akan lebih baik untuk menjalani tes sebelum terjun ke balapan, tetapi saya memulai tanpa tekanan dan akan sangat bagus untuk memulai di Misano untuk lima balapan terakhir. musim.

“Balapan dengan Yamaha selalu menjadi impian saya, dan itulah mengapa ketika kesempatan datang saya tidak berpikir dua kali, meskipun saya tahu itu akan menjadi tantangan berat bagi saya. Banyak hal yang harus saya pelajari: motor baru, tim baru, sistem kerja baru. Ini adalah tantangan besar yang dimulai di Misano, GP kandang saya. Ini membuatnya semakin seru. Saya tidak sabar untuk naik M1 saya!”

Lin Jarvis: “Kami senang bahwa bintang dan talenta MotoGP seperti Andrea bergabung dengan line-up Yamaha. Kami dengan hangat menyambutnya ke grup Yamaha MotoGP sebagai anggota yang sangat penting dari program MotoGP kami. Kami telah menemukan diri kami dalam keadaan yang belum pernah terjadi sebelumnya tahun ini yang mengakibatkan masalah pengendara yang sama sekali tidak terduga untuk kedua tim Yamaha. Kami mengalami beberapa peristiwa yang tidak terduga dan tidak menguntungkan, tetapi kami telah mampu mengubah masalah menjadi peluang baru.

“Andrea telah absen dari MotoGP untuk cuti pendek, tetapi kami yakin pebalap sekalibernya akan segera menemukan kecepatannya lagi. Kami sangat menantikan untuk bekerja dengannya sebagai anggota tim satelit Yamaha, dan kami akan mendukungnya dengan segala cara yang kami bisa.”

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here