ARIPITSTOP.COM – Tumben… karena sebelumnya Pole Espargaro mengeluhkan belum bisa menjinakkan Honda RC213V meski musim 2021 sudah berjalan separo, namun di GP Inggris justru pembalap pindahan dari KTM ini bisa melesat dan menjadi pembalap yang tercepat di sesi kualifikasi dan berhak mendapatkan jatah start paling depan saat balapan nanti.

Pol Espargaro, sukses merebut pole usai mencatat waktu tercepat dalam sesi kualifikasi MotoGP Inggris di Sirkuit Silverstone pada Sabtu (28/8/2021). Pembalap Spanyol ini diikuti Pecco Bagnaia, di posisi kedua, dan Quartararo, di posisi ketiga. Sementara itu posisi keempat dan kelima masing-masing ditempati Jorge Martin, dan Marc Marquez.

Pol Espargaro menjadi yang tercepat dalam drama sesi kualifikasi pada menit-menit akhir di Sirkuit Silverstone. Awalnya, Jorge Martin menempati posisi teratas, tetapi catatan waktu putarannya dibatalkan karena pelanggaran akibat memotong jalur. Sehingga Pol Espargaro yang menduduki urutan kedua berhak naik satu setrip dan merebut pole position dengan catatan waktu lap 1 menit 58,889 detik.

Bagi Pol Espargaro, pole position pada MotoGP Inggris 2021 menjadi yang pertama dia dapatkan sejak MotoGP Eropa 2020. Selain menjadi yang pertama bagi Espargaro secara personal, pole position MotoGP Inggris 2021 juga menjadi edisi perdana untuk tim pabrikan Honda pada musim ini.

Menurut Pol Espargaro, apa yang dia capai pada sesi kualifikasi MotoGP Inggris 2021 adalah sesuatu dengan nilai lebih.

“Saya merayakannya seperti memenangi balapan. Bagi saya, (pole position) ini lebih dari itu,” ucap Espargaro, dikutip dari Crash.

“Oke, besok adalah balapannya dan poin akan diperebutkan. Namun, buat saya, ini adalah langkah besar. Bukan hanya untuk tahun ini, tetapi keseluruhan karier saya. Untuk bisa mendapatkan pole position, atau berada di barisan (start) pertama dan kedua adalah kemenangan akhir pekan.”

“Setelah awal yang sulit, di mana saya begitu berjuang. Untuk bisa memulai balapan dari posisi kesatu bak berada dalam gelembung oksigen besar bagi kami semua (tim Honda), terutama bagi saya yang berjuang sangat keras,” tutur dia lagi.

Hasil kualifikasi MotoGP Inggris 2021:

  1. Pol ESPARGARO – Repsol Honda Team
  2. Francesco BAGNAIA – Ducati Lenovo Team
  3. Fabio QUARTARARO – Monster Energy Yamaha MotoGP
  4. Jorge MARTIN – Pramac Racing
  5. Marc MARQUEZ – Repsol Honda Team
  6. Aleix ESPARGARO – Aprilia Racing Team Gresini
  7. Jack MILLER – Ducati Lenovo Team
  8. Valentino ROSSI – Petronas Yamaha SRT
  9. Johann ZARCO – Pramac Racing
  10. Alex RINS – Team SUZUKI ECSTAR
  11. Joan MIR – Team SUZUKI ECSTAR
  12. Brad BINDER – Red Bull KTM Factory Racing
  13. Enea BASTIANINI – Avintia Esponsorama
  14. Luca MARINI – SKY VR46 Avintia
  15. Takaaki NAKAGAMI – LCR Honda IDEMITSU
  16. Danilo PETRUCCI – Tech 3 KTM Factory Racing
  17. Alex MARQUEZ – LCR Honda CASTROL
  18. Iker LECUONA – Tech 3 KTM Factory Racing
  19. Cal CRUTCHLOW – Monster Energy Yamaha MotoGP
  20. Miguel OLIVEIRA – Red Bull KTM Factory Racing
  21. Jake DIXON – Petronas Yamaha SRT
Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here