ARIPITSTOP.COM – Dalam dunia yang terus berkembang dan maju pesat, keselamatan ketika naik motor sering kali menjadi yang terdepan dalam daftar peningkatan untuk dipertimbangkan oleh pabrikan. Selanjutnya untuk Yamaha adalah pengembangan alat bantu pengendara canggih, melalui penyebaran sensor radar dan mini-display di kaca spion yang bisa menunjukkan bahaya di depan atau belakang motor.

Dikutip visordown, penggunaan sensor radar pada bagian depan dan belakang motor merupakan fitur keselamatan canggih meningkatkan keselamatan saat berkendara. Fitur tersebut nantinya akan memberikan peringatan pada pengendara jika terjadi situasi yang dianggap membahayakan.

Beberapa orang mungkin mengatakan bahwa ini semua terlalu berlebihan – seberapa banyak informasi yang terlalu banyak? Dengan prevalensi dasbor TFT pada motor modern dengan banyak informasi yang diumpankan kepada kita terus-menerus ketika riding di jalan, apakah penambahan bantuan dan info pengendara lebih lanjut mendekati tingkat yang berlebihan?, ya… apakah penempatan banyak sensor di kaca spion dan speedometer akan dinilai berlebihan jika diterapkan di motor?.

Melalui penggunaan sensor dan detektor radar, Yamaha berencana menampilkan informasi tambahan melalui ikon yang muncul di layar mini di belakang kaca spion. Beberapa Ikon yang akan muncul seperti:

  • Peringatan tabrakan yang akan datang (dekat dengan kendaraan di depan), kendaraan darurat mendekat dari belakang,.
  • Peringatan titik buta/blind spot,
  • Peringatan tanda batas kecepatan & ‘peringatan kecepatan berlebih’.

Sensor yang bekerja menampilkan informasi di kaca spion bukanlah terobosan baru bagi industri otomotif, karena sensor seperti ini sudah diterapkan di mobil, akan tetapi untuk di motor hal ini bisa menjadi terobosan baru.

Jadi sudah bisa dibayangkan nantinya layar speedometer dan paca spion akan lebih sering menampilkan indikator bahaya, bahkan jika melihat gambar patennya juga ada gambar mobil Ambulance yang bisa jadi menandakan ada mobil Ambulance yang akan lewat dan segera memberikan jalan.

Tentunya ini sebuah terobosan baru, lalu apakah penerapan sensor2 ini akan efektif digunakan di motor?. Terlepas dari hal tersebut, Yamaha seperti ingin menyambut masa depan dengan mematenkan teknologi terbaru mereka dan bisa melahirkan produk terbaik.

Advertisements

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here