ARIPITSTOP.COM – Setelah sponsor utama Petronas berhenti mendanai tim SRT sampai akhir musim 2021, tim yang bermarkas besar di sirkuit Sepang Malaysia ini resmi akan dibubarkan sampai gelaran MotoGP 2021 selesai. Selanjutnya tim ini akan memiliki identitas baru di musim 2022 tanpa ada hubungan keterikatan lagi dengan pihak Sepang.

SRT melakoni debut di MotoGP pada 2015. Saat itu mereka terjun di kelas Moto3 dengan nama M7 Drive SIC Racing Team. SRT dibentuk untuk mengorbitkan bakat pembalap Malaysia ke MotoGP. Tradisi membawa rider Malaysia terus berlangsung sebelum berakhir pada 2020. Khairul Idham Pawi menjadi pembalap Malaysia terakhir yang memperkuat SRT sebelum dilepas karena rentetan hasil yang kurang memuaskan.

Ketika misi mengorbitkan pembalap negeri sendiri kurang berhasil, SRT justru menuai kesuksesan besar dari proyek mereka di kelas premier MotoGP. Menduetkan Franco Morbidelli dan Fabio Quartararo terbukti menjadi keputusan tepat bagi SRT pada debut mereka pada 2019.

Pada tahun 2020, Tim Balap PETRONAS Yamaha Sepang berhasil mempertahankan gelar Tim Independen Teratasnya dengan memimpin klasemen tim dan pembalap secara keseluruhan hampir sepanjang tahun. Baik Fabio dan Franco meraih tiga kemenangan sepanjang tahun, dengan Franco Morbidellidan tim merebut gelar wakil dengan finis kedua di kejuaraan pembalap dan tim. Kemenangan MotoGP pertama tim adalah yang pertama untuk skuad satelit Yamaha MotoGP dalam lebih dari 20 tahun.

Untuk tahun 2021, pembalap Terhebat Sepanjang Masa Valentino Rossi bergabung bersama Franco. Namun, pada musim inilah reputasi SRT sebagai tim independen terbaik turun karena pencapaian yang jauh dari kata memuaskan. Morbidelli mengalami masalah dengan cedera lutut dan kesulitan bersaing dengan motor Yamaha yang sudah berusia dua tahun. Adapun Rossi hampir tak pernah sekali pun tampil kompetitif. Rentetan hasil buruk membuat The Doctor berencana pensiun pada akhir musim ini.

Di Moto3 bersama PETRONAS Sprinta Racing, John McPhee meraih kemenangan Grand Prix Kejuaraan Dunia pertama Sepang Racing Team setelah memimpin dari pole di Grand Prix Prancis pada 2019 dan terbukti menjadi penantang kejuaraan pada 2020. Untuk 2021, John bergabung dengan sesama balapan Moto3 pemenang, Darryn Binder.

Kepemilikan tim hanya akan berpindah tangan dari Sepang International Circuit ke tangan Razlan Razali, Kepala Tim, dan Johan Stigefelt, Direktur Tim. Razlan Razali dan Johan Stigefelt akan melanjutkan kiprah tim SRT dengan identitas tim yang baru pada musim depan. Pengumuman identitas baru tim SRT akan diumumkan pada seri balap MotoGP San Marino di Sirkuit Misano, Italia, pada 16 September mendatang.

Advertisements

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here