ARIPITSTOP.COM – Apakah selera biker di India sudah mulai berubah dan mulai mengikuti pasar motor Asia tenggara terutama Indonesia?, hal ini bisa saja terjadi karena saat ini Yamaha India tengah mendaftarkan Aerox 155 untuk dilakukan uji tipe yang pendaftarannya bersamaan dengan R15M yang unitnya sendiri sudah mulai diedarkan di dealer2 di India.

Perubahan selera tentunya pasti akan ada, contohnya ketika di era 1990an sampai 2000an bentuk desain motor di Indonesia lebih pada lekukan yang membulat atau terlihat lebih sederhana atau elegan, tengok saja pasar bebek dulu generasi supra atau shogun, Smash sampai Jupiter Z ketika pasar motor bebek masih jaya2nya. Kemudian selera mulai berubah menginjak tahun 2000an dengan selera desain yang mulai meruncing dibarengi dengan pasar bebek yang mulai tergerus oleh motor matic. Generasi Mio dengan desain yang membulat kemudian pasar mulai berubah dengan desain yang meruncing serba tajam terlebih dengan hadirnya motor2 matic dengan kapasitas yang lebih besar.

Apakah selera Biker India juga akan berubah seperti yang terjadi di Indonesia?, mungkin juga… saat ini selera biker India dinilai sangat tidak cocok untuk pasar Indonesia, masih ingat bagaimana nasib pabrikan Bajaj?, seperti tidak ada tanggung jawabnya langsung kabur karena motor mereka kurang disukai di Indonesia meski sampai kolaborasi dengan pihak Kawasaki Indonesia namun faktanya kerja sama tersebut tidak bertahan lama.

Kita tengok bagaimana nasib Yamaha Byson yang dimasukkan Yamaha Indonesia dari india, diawal dirilis motor ini sempat diminati pasar meski punya kekurangan di bagian power yang tidak mumpuni meski memiliki riding position yang bisa dibilang paling nyaman dikelasnya. Ketika motor ini berubah menjadi versi injeksi dengan desain tentunya tetap mengikuti Byson FI di India, boooooom…. motor ini sudah tidak laku lagi.

Namun kali ini ketika Yamaha India justru mendaftarkan uji tipe Yamaha Aerox 155 laris manis di Indonesia?, apakah selera biker India sudah mulai berubah?. Yap… Belum lama ini Yamaha India kepergok mendaftarkan uji tipe R15M pada tanggal 12 Agustus 2021 dan sehari setelahnya juga mendaftarkan Yamaha Aerox 155.

Melihat data yang diajukan, ternyata spesifikasi dari mesin sama persis dengan Aerox 155 di Indonesia memiliki kapasitas 155cc dan memuntahkan tenaga 11kw @8000 rpm. Bahkan dari segi dimensi juga sama yaitu Panjang x Lebar x Tinggi yaitu 1980mm X 700mm X 1150mm, spek ini sama persis seperti yang ada di Indonesia.

Apakah ini pertanda selera biker India akan mengikuti selera pasar Asia Tenggara?, embuh lah bro… nyong ora paham.

Advertisements

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here