ARIPITSTOP.COM – Apa jadinya ketika motor kurang perawatan, inilah salah satu yang terjadi ada motor Honda Vario 125 yang baru saja datang ke bengkel Zona Speed. Menyeramkan karena suaranya sangat kasar, super ngeletek dan ketika dibongkar inilah yang terjadi.

Bisa dilihat bagian pertama yang mengalami kerusakan paling parah, pelatuk klep Honda Vario ini tipe roller, lihat deh bagian roller bearingnya sampai bisa rata habis-bis padahal kalau normal itu bentuknya bulat. Bisa dilihat foto dibawah ini antara yang rusak dengan yang masih utuh, parah banget bukan…

Lalu, menyusul pelatuk klep yang aus arah tentunya bagian noken as ikut aus juga, noken as jadi kegerus. Pelatuk klep dan noken as aus, sebuah kombinasi yang menimbulkan suara ngeletek parah.

Kemudian bagian klep, dudukan klep atau Bos klep menjadi oblak, beruntung klepnya tidak bengkok makanya motor masih bisa hidup.

Dan tentu saja dengan tidak adanya oli mesin maka kondisi piston dan cylinder menjadi baret-baret.

Inilah hasilnya ketika meremehkan sebuah perawatan motor, hanya sekedar ganti oli mesin sudah cukup membuat kondisi motor tetap fit. Daripada sudah rusak seperti ini harus mengeluarkan biaya yang banyak bisa lebih dari 2 jutaan setelah diestimasi untuk mengganti semua part2 dan biaya jasanya.

3 KOMENTAR

  1. Vario 110 old ogud min baru aja kena penyakit oli cepet abis gegara kebakar di km 60rban, padahal oli rutin diganti tiap 2000km atau 2 bulan. Pas turun mesin ternyata klepnya banyak kotoran juga jadi kompresi drop. Setelah ogud cek history sebelum penyakit muncul kayaknya gegara ada part yang lupa diganti yaitu filter udara kelewat 20rb km baru diganti..akhirnya ganti piston klep dah nasip

  2. CB-125 saya juga pernah olinya enggak naik ke kem, shg kem ama pelatuknya aus.
    Padahal oli enggak habis.

    Jadinya sekalian ganti banyak jeroan mesin, shg bisa lari 100 km/jam lagi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini