ARIPITSTOP.COM – Gemuk atau Grease CVT adalah pelumas khusus pada bagian pulley cvt pada motor matic yang berperan sangat penting guna mendukung kinerja mesin agar tetap pada peforma yang maksimal. Grease cvt menjadi salah satu pelumas yang tidak dapat diabaikan namun harus jadi perhatian khusus, harud rutin diganti agar part di CVT tidak cepat aus dan juga dipastikan memakai Gemuk CVT yang asli jangan yang palsu karena bisa berakibat fatal.

Gemuk CVT memiliki tingkat panas yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan gemuk biasa, karena gemuk ini melumasi bagian part CVT yang saling bergesekan dan beberapa part CVT tidak boleh ada yang terkena pemulas alias harus kering, sehingga jika memakai Gemuk yang sembarangan dan mudah meleleh bisa berakibat gemuk yang meleleh akan menempel di part CVT yang harus kering seperti V-Belt, kampas kopling dan mangkok kopling, jika part yang harusnya kering tapi terkena pelumas bisa berakibat motor menjadi selip, kurang tenaga bahkan akan menjadi gredeg di tarikan awal.

Penitngnya pemakaian gemuk CVT yang asli, setiap pabrikan motor biasanya mengeluarkan produk gemuk khusus untuk CVT ini, misalnya seperti Honda, Yamaha dan Suzuki yang sudah menjualnya di bengkel resmi atau banyak juga di toko2 sparepart. Akan tetai kita harus lebih jeli ketika membeli, karena jangan sampai tetipu dengan gemuk cvt yang palsu, apalagi terbuai dengan harga lebih murah.

Kali ini saya akan membahas Gemuk CVT yang dikeluarkan oleh Honda, kemarin ada konsumen Zona Speed yang membawa sendiri Gemuk CVT, akan tetai ketika mau dipakai ternyata Gemuk CVTnya palsu, kok tahu bisa palsu?.

Kita lihat bagian desain dulu, sama2 bulat dan berwarna merah, akan tetai warna Gemuk CVT yang asli merah cerah sedangkan yang plasu merah gelap. Lalu bagian tulisan merknya untuk yang asli lebih rapi dan sangat rapi serta jelas, sedangkan untuk yang asli cetakannya tidak rapi dan kurang jelas.

Dilihat dari samping, di wadah untuk yang palsu ada cekungannya sedangkan untuk yang asli tetap lurus.

Kemudian di bagian bawah, untuk Gemuk CVT yang asli ada cetakan lot produksinya, sedangkan untuk yang palsu wadah bagian bawah polos.

Dan ketika membeli gemuk CVT yang asli harus dalam keadaan dibungkus plastik yang tertera nomor part, barcode dan ijin produksi sedangkan untuk yang palsu tidak dibungkus plastik.

Perbedaan paling mencolok tentunya ada di dalamnya. Gemuk CVT yang asli berwarna putih susu, sedangkan untuk yang palsu berwarna kuning. Kemudian teksturnya untuk Gemuk CVT yang asli lebih lembut dan lembek, sedangkan untuk yang asli agak kasar dan sedikit kaku.

Untuk lebih jelas bisa dilihat via video dibawah ini:

Advertisements

1 KOMENTAR

  1. biasanya hy mekanik yg baik sperti di blog ini yg oke banget , kl mekanik lainnya sy rasakan slm ini cuek aja gak peduli wl item tsb beli di bengkel tsb atau bawa sendiri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here