ARIPITSTOP.COM – Halo kang bro, sekarang kang ari ketemu motor matic yang kalau di Zona Speed lebih sering terjadi di motor Honda Beat dan Vario, baik iu itu versi karburator maupun yang sudah injeksi. Jadi, ada keluhan suara ngekrek di bagian belakang dan ternyata ini penyebabnya.

Yap, kejadian ini sudah beberapa kali terjadi di motor matic terutama pada motor Honda Beat dan Vario, ya karena yang servis di Zona Speed untuk matic 150cc kebawah itu kebanyakan produk Honda, sedangkan untuk kelas 150cc lebih banyak maticnya Yamaha Nmax, Aerox atau Lexi 125 dibandingkan PCX dan ADV, hehehehe…

Kali ini konsumen mengeluhkan suara kasar di bagian belakang tepatnya di bagian CVT, ketika motor kondisi dingin biasa belum bersuara kasar ngekrek, tapi kalau sudah panas edikit saja motor semakin keras suara ngekreknya terutama saat gas diturunkan.

Suaranya sangat mengganggu, dan setelah dibongkar di bagian CVT ternyata suara tersebut timbul dari rumah roller yang sudah oblak. Kok bisa oblak?, yap… di rumah roller ini harus ada perawatan khusus, ya maksudnya servis berkala bagian CVT untuk sekedar membersihkan dari kotoran dan kemudian dilumasi gemuk agar part2 tidak mudah aus.

Kalau minim perawatan maka part akan mudah aus dech, bahkan bisa dilihat contoh seperti pada motor Vario 125 ini, bagian rumah roller dan bos rumah rollernya sampai aus seperti ada karatnya gitu. Hal ini biasanya akibat part yang kotor dan tidak ada proses perawatan pembersihan sehingga part kotor saling bergesekan menimbulkan tingkat keausan yang lebih cepat. Semakin terus kering dan kotor tanpa ada pelumasan akhirnya semakin parah dan oblak hingga akhirnya bikin timbul suara kasar.

Yap… jadi cukup ganti rumah roller sekakian bosnya kalau sudah kejadian seperti ini, biaya bwrapa?, siapin dana 100ribuan apalagi kalau sekalian kipas pully depannya.

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here