ARIPITSTOP.COM – Sebagai juara dunia bertahan, Joan Mir tentunya di paruh pertama musim 2021 belum mendapatkan hasil yang bagus karena tanpa kemenangan dibandingkan dengan pimpinan klasemen sementara yang sudah meraih 4 kali kemenangan. Berselisih hingga 55 poin masih banyak peluang untuk memperebutkan gelar juara dunia bersama Quartararo, akan tetapi Joan Mir menyebut jika saat ini Suzuki belum menemukan perubahan besar di motornya untuk menambahkan tenaga.

Hingga menjalani sembilan balapan di paruh awal musim 2021, Joan Mir hanya bisa mendapatkan tiga podium tanpa kemenangan, untuk sementara berada di posisi 4 klasemen sementara dengan raihan 101 poin sedangkan Quartararo yang sedang leading meraih 156 poin.

Berbeda dengan Joan Mir yang saat ini masih kesulitan menemukan jalan menuju podium kampiun bersama motor GSX-RR, perubahan besar terjadi pada Quartararo ketika musim ini pindah ke tim pabrikan, pembalap asal Prancis ini tercatat sudah memenangi empat balapan yakni MotoGP Doha, MotoGP Portugal, MotoGP Italia, dan MotoGP Belanda. Selain itu, El Diablo juga punya koleksi dua podium lain usai finis di urutan ketiga pada balapan MotoGP Prancis dan MotoGP Jerman 2021.

Fakta tentang Quartararo ini tentunya membuat perebutan gelar juara dunia musim 2021 agak berat buat Joan Mir, menurut dia, penyebab utama dari kegagalannya tampil gemilang ialah motor GSX-RR produksi Suzuki yang belum memiliki perkembangan signifikan.

“Saya pikir Suzuki belum menemukan perubahan besar untuk meningkatkan motornya di musim dingin. Ini adalah masalah sebenarnya,” kata Mir dilansir dari dari Tuttomotoriweb.

“Dalam tes pra-musim, Anda melihat Honda, Ducati, Yamaha, KTM, dan bahkan Aprilia datang dengan membawa motor baru.”

“Sebaliknya, Suzuki malah tidak,” ucap dia menjelaskan.

Joan Mir tetap optimis membawa Suzuki ke jalur kompetitif kemenangan. Hal tersebut disebut Mir akan muncul setelah Suzuki mengetahui keluh kesahnya melalui media.

“Apa yang tidak saya harapkan dan mungkin juga bukan Suzuki, adalah peningkatan besar untuk kompetisi. Begitu berita ini keluar, saya pikir kami akan kuat,” kata Mir.

Paruh musim kedua akan mulai digelar di MotoGP Styria 2021 pada 6-8 Agustus, sedangkan MotoGP Austria 2021 dilaksanakan pada 13-15 Agustus.

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here