ARIPITSTOP.COM – Masih dibekal cidera dan diperkirakan baru bisa tampil di GP Italia, Morbidelli akhirnya resmi digantikan oleh Cal Crutchlow, ini merupakan tampilan pertama kalinya pembalap asal inggris ini setelah menyatakan pensiun. Crutchlow yang berusia 35 akan menjadi rekan satu tim Valentino Rossi dalam tiga balapan awal di putaran kedua: MotoGP Styria (8 Agustus), MotoGP Austria (15 Agustus), dan MotoGP Inggris (29 Agustus).

Melalui laman resmi, Rabu (28/7/2021) Tim Petronas Yamaha SRT mengkonfirmasi test rider Yamaha saat ini yaitu Cal Crutclow sebagai pengganti sementara Morbidelli. Saat ini, pembalap asal Italia tersebut sedang menjalani pemulihan operasi lutut kiri.

Tentu saja ini bukan hal asing lagi bagi Crutchlow untuk kembali ke balapan MotoGP bersama Yamaha. Sebab, Crutchlow pernah melakoni balapan dengan YZR-M1 selama tiga musim sejak 2011.

Razlan Razali, Team Principal, Petronas Yamaha Sepang Racing Team

Setelah melihat semua opsi, itu adalah keputusan kolektif antara Yamaha dan kami sendiri untuk meminta Cal Crutchlow menggantikan Franco, sementara dia pulih dari operasi. Cal adalah pembalap yang kredibel dan berpengalaman, yang saat ini menjadi test rider Yamaha. Sebagai tim independen, di sinilah kami benar-benar dapat melangkah untuk membantu Yamaha. Cal akan bisa mendapatkan jarak tempuh yang baik di M1 kami, yang seharusnya membantunya dalam pekerjaan pengujian dan pengembangannya untuk Yamaha. Cal akan menggantikan Franco untuk tiga balapan berikutnya dan kami tidak memiliki target nyata untuknya dalam hal hasil. Kami akan melakukan semua yang kami bisa untuk membantu mendukungnya dan membuatnya merasa nyaman di tim. Dia sudah akrab dengan beberapa orang kunci dalam tim, yang membantu, dan saya yakin dia siap untuk tantangan itu.

Cal Crutchlow, Petronas Yamaha Sepang Racing Team

Senang rasanya bisa kembali membalap bersama Yamaha tahun ini sebagai pebalap penguji resmi dan bisa turun tangan saat dibutuhkan adalah hal yang baik untuk semua pihak. Saya tak sabar membalap untuk Petronas Yamaha SRT di tiga Grand Prix. Jelas itu bukan dalam keadaan terbaik dan saya berharap Franco dalam pemulihan yang baik, saya berharap dia kembali dengan kuat setelah operasi lutut. Saya yakin dia akan melakukannya karena dia telah membalap dengan fantastis selama dua tahun terakhir.

Saya pikir sulit untuk menetapkan target untuk tiga balapan ini dan ini akan lebih tentang memahami motor, karena saya memiliki hari balapan yang terbatas tahun ini. Hal baiknya adalah saya bisa membandingkan motor dan saya harus bisa mengumpulkan banyak data untuk Yamaha. Ini seperti terlempar ke ujung yang dalam, karena ini adalah kelas MotoGP yang sangat kompetitif, tetapi saya benar-benar menantikannya dan akan menyenangkan untuk kembali ke grid. Saya menantikan untuk bertemu tim di Austria, meskipun akan ada beberapa wajah yang saya kenal karena Wilco Zeelenberg adalah Manajer Tim saya di Supersport pada tahun 2009 dan saya benar-benar balapan melawan Johan Stigefelt beberapa tahun yang lalu, jadi itu akan menyenangkan untuk kembali bersama mereka.

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here