ARIPITSTOP.COM – Oli mesin tiba-tiba habis dan di knalpot keluar asap putih, harus segera siapkan dana khusus untuk biaya perbaikan karena jika sudah ngebul asap putih diindikasikan piston dan cylinder sudah baret perlu dilakukan korter agar motor kembali normal dan oli mesin tidak cepat habis lagi. Kali ini saya akan share berapa biaya ketika motor Honda Beat FI yang sudah ngebul harus ganti piston.

Di bengkel Zona Speed sudah sering menangani kondisi motor Honda Beat FI yang sudah ngebul bahkan yang sampai kehabisan oli mesin, jika motor yang kehabisan oli mesin didiamkan terus maka biasanya akan merembet ke part lain mengalami kerusakan. Oleh karena itu sebelum terlambat lebih baik digunakan untuk meminimasilir biaya yang dikeluarkan.

Honda Beat FI bisa ngebul asap putih dan oli mesin habis karena dua faktor, yang pertama karena seal klep bocor dan piston sudah baret.

Untuk Honda Beat FI yang harus servis besar akibat ngebul atau kehabisan oli mesin, yang sudah pasti adalah harus ganti piston Assy. Penggantian Piston ini nama pengerjaannya adalah servis besar karena hanya melepas bagian cylinder dan cylinder headnya saja.

Bukan cuma harus ganti Piston, namun bagian klep juga harus sekir ulang agar kompresi menjadi padat kembali, untuk proses penyekiran ini harus mengganti seal klep.

Berikut daftar biaya servis besar Honda Beat FI ketika servis besar mengganti piston assy dan sekir klep: harga part per bulan Juli 2021

Nama Part Kode Part Harga QTY
Piston Assy 131A5KZL305 102.000 1
Seal Klep 12209GB4681 26.000 2
Gasket Head 12251GGC901 14.000 1
Gasket Cylinder 12191GGC900 10.000 1

Daftar sparepart diatas adalah part minimal yang harus diganti, belum termasuk misalnya motor dalam kondisi parah harus ganti klep, dan part lainnya jika mengalami kerusakan berat, ini hanya daftar part untuk servis besar dengan kondisi kerusakan ringan.

Daftar part diatas belum ditambah lagi dengan oli mesin yang harganya relatif ya bro… kemudian jasa korter biasanya sebesar Rp 50ribu dan biaya bongkar pasang juga relatif tergantung bengkel masing2 kalau di Zona Speed, biaya servis besar Rp 280ribu.

Jadi estimasi perbaikan Honda Beat FI ketika ngebul asap putih dan kehabisan oli mesin minimal Rp 600ribuan.

6 KOMENTAR

  1. Kang Ari, di rumah saya ada motor jarang dipakai, punya mertua. Seminggu sekali pun belum tentu nyala motornya. Bahkan pernah 1 bulan tidak dipakai sama sekali. Sekalinya dipakai hanya untuk transportasi di sekitaran rumah, seperti belanja ke toko atau keliling² sekedar manasin mesin saja. Bagaimana interval penggantian olinya? Apakah siklus 1 bulanan atau mungkin bisa 3 – 6 bulan sekali? Makasih Kang Ari.

    • Halo om, saya silent reader bantu jawab dari pengalaman ya, lebih baik tetap ganti oli setiap 3 bulan, lebih baik lagi motornya dipake jalan teratur 3 hari sekali, hehehe

      • Sekarang sih 6 bulan sekali ganti oli, kalau ingat ?
        Tidak ada yang bisa pakai rutin, saya sering keluar kota soalnya. Mertua juga jarang² keluar sendirian jarak dekat. Jadi ya kalau butuh, baru dipakai.

        • wah kalo 6 bulan takutnya tuh oli udah ngendep, teroksidasi, dll apalagi gak dipake ‘muter’ ke mesin. seenggaknya distarter dan digas2 ditempat aja om, atau dijual/dihibahkan aja kalo gk kepake, hehehehe

          • Kan masih ada dipakai, walaupun jarang². Mekanik bengkel sih nggak komentar apa² pas ganti oli, kecuali dulu pas pertama kali saya bikin bisa jalan lagi, olinya sisa sekitar 200 ml saja ?
            Saya ganti oli sengaja di bengkel, karena gak punya tempat atau channel untuk buangnoli bekasnya. Kalau kelistrikan ringan sih kerjain sendiri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini