ARIPITSTOP.COM – Apa yang terjadi pada diri kita sudah ada mengatur, termasuk nasib ketika mengalami kecelakaan, kemalangan yang sebenarnya ingin kita hindari, akan tetapi apalah daya kalau garis kehidupan sudah memutuskan. Seperti yang dialami oleh salah satu konsumen bengkel Zona Speed ini, motor Honda Vario mengalami kecelakaan hingga mengakibatkan motornya rusak parah, rangkanya sampai bengkok.

Ngilu… iya ketika melihat motor matic yang mengalami kecelakaan hingga rangka sampai ketekuk kebelakang menempel jok motor, tak terbayangkan kondisi bikernya. Motor ini diinformasikan menabrak pantat Truk, pantas saja bodinya melengkung gitu karena masuk ke kolong Truk.

Mas Eqy selaku pemilik motor Vario ini ketika menghubungi saya, menanyakan pakah motor dalam kondisi parah seperti ini bisa dibetulkan lag?, alias diservis. Jelas saya jawab “BISA”, akan tetapi ada konsekuensinya. Motor dalam kondisi seperti ini bisa dibetulkan bahkan bisa lurus lagi, dengan cara dipress body. Saya sering melakukan hal ini di motor2 yang mengalami kecelakaan parah. Akan tetapi perlu diketahui bahwa semua motor hasil press tidak akan mendapatkan hasil yang sempurna seperti kita membeli baru. Motor terlihat lurus seperti normal kembali, akan tetapi yang sering terjadi adalah motor sudah tidak nyaman ketika dipakai, biasanya di kecepatan menengah sampai tinggi ada rasa limbung atau tidak stabil. Ada juga motornya yang selalu ngebuang ketika nikung.

Yap, pada intinya adalah motor yang mengalami kerusakan parah di rangkanya bisa dipress, akan tetapi hasilnya tidak akan sempurna seperti semula lagi.

“iya mas, sudah tidak mood lagi pakai motor ini, mau saya jual saja”, tutur mas Eqy.

Lalu bagaimana caranya agar motor bisa seperti semula lagi?, ya harus ganti rangka baru dan fork depan ganti baru secara full. Biayanya berapa? siapin saja dana antara 3-4 jutaan. Berbeda dengan biaya press body atau press rangka yang tarifnya antara 300 hingga 500 ribuan, jauh memang biayanya, tapi menentukan kenyamanan.

Waktu yang diperlukan ketika beli rangka baru juga lama, minimal paling cepat prosesnya 1 bulan bahkan bisa sampai 3 bulan, tetapi kalau press rangka hanya butuh 2-3 hari saja.

Advertisements

3 KOMENTAR

  1. jual pretelan aja , soalnya motor yg sdh habis musibah apapun gak bakal kembali sempurna dan aman pula , sdh banyak kejadian ma jual beli motor bekas kecelakaan bs sial tujuh temurun ke pembeli lainnya lbh baik dipretelin jual satu satu ke ke lapak jual beli sparepart bekas , kecuali motor tsb py kenangan yg gak bs dilupakan

  2. Mas kalo velg racing dipress trus dipake lagi, kira2 aman nggak mas ya? Saya punya velg chemco.. kayak peyang dikitt aja.. udah di press sih… cuma mau pasang lagi jadi mikir2…. yg belakang masih bagus… jadi bingung sendiri… 🤭🤭

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here