ARIPITSTOP.COM – Honda kembali kepergok mematenkan sebuah motor sport modern vintage, melihat desainnya motor ini memang layak untuk dikomparasikan dengan Yamaha XSR155 karena nyemplung kedalam segmen yang sama. Motor ini secara sekilas sebenarnya mirip dengan motor CBF150TR yang sudah dirilis tahun 2019 silam.

Melihat gambar yang sedang dipatenkan oleh Honda, motor ini terlihat memiliki gaya klasik dengan desain scrambler yang gagah, terlebih dengan penampilan depan yang memakai sok USD. Lampu depan bulat khas motor klasik kemudian bagian jok pendek memendek terlihat vintage dengan gaya lampu belakang yang minimalis.

Akan tetapi jika melihat gambar paten ini, dilihat dengan teliti sangat mirip dengan motor CBF190TR yang tahun 2019 sudah dirilis di China. Melihat bagian mesinnya sama persis tidak ada perbedaannya, perbedaan terlihat pada desain saja itupun perbedaan minor tidak terlalu signifikan perbedaannya. Bisa jadi ini mungkin adalah facelift dari CBF190TR atau motor ini akan dipasarkan di negara lain dengan desain yang berbeda.

Kalau melihat Honda CBF190TR yang sudah dirilis di China, motor ini mengandalkan mesin dengan konfigurasi satu silinder SOHC pendingin udara yang mampu menghasilkan tenaga 12,4kw @8000 rpm dan torsi maksimum 16,3 Nm @7000 rpm.

Bagian kelistrikan, semua lampu sudah memakai LED, kemudian bagian Speedometer juga full digital dengan display negatif. Pada instrumen tersebut menunjukkan kecepatan, putaran mesin, jumlah bahan bakar, trip perjalanan, posisi gear hingga jam. Dari tampilan dasbor terungkap mesin ini mampu berputar hingga redline 9.500 rpm.

Sok depan yang tampak gagah dengan USD sedangkan untuk bagian belakang tampil keren dengan monoshock. Pengereman mengandalkan cakram ukuran besar dengan model wave yang dicengkram dengan kaliper dual pot dan telah dilengkapi ABS dual channel.

Lalu apakah gambar paten ini merupakan facelift dari CBF190TR atau akan diproduksi di negara lain?, hmhmhmhm… Indonesia menunggu…

foto by Vanhoe Rage

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here