ARIPITSTOP.COM – Motor matic identik dengan gardan, oleh karena itu pada motor matic selain penggantian oli mesin juga diwajibkan untuk penggantian oli gardan secara teratur. Jika melihat saran yang tercantum dalam buku pemilik yang kita dapat saat beli motor, disitu tertera penggantian oli gardan maksimal 10rb km. Lalu bagaimana kalau sampai telat ganti oli? bisa ambrol bro… berikut biaya penggantian gardan Nmax yang sudah terlanjur rusak.

Bagian gardan yang sudah rusak misalnya kemasukan air, biasanya akan diiringi dengan suara ngaung di bagian belakang, bahkan kalau sudah rusak parah suaranya bisa kemrosrak bikin ngilu di telinga, suaranya berisik banget.

Gardan bisa rusak biasanya karena kemasukan air, misalnya habis nerabas banjir, cuci motor atau kehujanan, kemudian telat ganti oli bahkan oli tidak pernah diganti. Oleh karena itu penggantian oli gardan secara rutin menjaid kunci agar gardan dalam tetap dalam kondisi sehat.

Ada cara mudah daripada harus mengingat penggantian oli gardan di 10rb km, terlalu lama bahkan bisa lupa. Biasanya caranya adalah setiap dua kali penggantian oli mesin, diikuti satu kali penggantian oli gardan, jadinya selang seling gitu, bulan pertama hanya ganti oli mesin kemudian di bulan kedua ganti oli mesin dan gardan. Jadi kondisi gardan juga ikut terpantau, misalnya kemasukan air bisa langsung ketahuan.

Lalu berapa sich biaya perbaikan jika gardan sudah rusak parah?, perbaikan bagian gardan sebaiknya diganti full secara berbarengan, jangan satu persatu-satu. Kalau nyicil satu persatu maka saya jamin bagian gardan akan tetap bersuara ngiung. Kalau tidak ada dana ya nabung dulu sampai terkumpul cukup dananya untuk ganti gardan secara full.

Bagian gardan harus diganti dari as pully belakang, as roda, dua roda gigi, semua bearing dan oil seal. BEerikut biaya ganti gardan untuk motor Yamaha Nmax 155:

Advertisements

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here