ARIPITSTOP.COM – Piranti rem di motor merupakan menjadi alat paling vital karena berhubungan dengan keselamatan, jangan sepelekan perawatan bagian rem meski hanya mengganti kampas rem ketika habis. Jika rem tidak bekerja maksimal akan bisa berujung kecelakaan, karena bisa saja rem menjadi ngempos atau tidak pakem ketika digunakan.

Hal yang paling sering dilakukan ketika merawat piranti pengereman adalah mengganti kampas rem ketika menjelang habis, usahakan mengganti kampas rem jangan sampai menunggu sepatu kampas remnya sampai benar-benar habis karena jika sepatu kampas rem habis akan berujung pada besi kampas rem akan menggesek piringan cakram. Jika kampas rem sudah habis tinggal besinya saja, maka yang terjadi adalah besi bergesekan dengan besi, piringan cakram akan cepat aus dan efeknya adalah rem jadi kurang pakem karena piringan cakram yang sudah tidak rata.

Permukaan piringan cakram yang sudah tidak rata akibat gesekan kampas rem yang sudah habis, membuat tekanan kampas rem akan berkurang dan dirasakan pengereman jadi kurang pakem alias kurang gigit.

Banyak sekali yang menyepelekan ketika kampas rem sudah tipis, gantinya nanti-nanti menunggu smapai benar-benar habis dan alhasil piringan cakram juga ikut aus. Harga piringan cakram juga lumayana loch… Seperti yang baru saja dilakukan di bengkel Zona Speed. Motor Nmax ini ketika mau ganti kampas rem belakang ternyata kampas remnya sudah benar2 habis sampai sudah menggesek besi, karena terlalu sering mengganti kampas rem sampai habis bis… tengok saja kondisi cakram piringannya, tipis banget.

Untuk ganti piringan cakram sebaiknya memakai kampas rem yang baru juga. Berapa biaya ganti kampas rem belakang Nmax 155?, harganya Rp 60.000 dan untuk piringan cakramnya Rp 255.000 ini harga HET per bulan Juni 2021. Perlu diingat kalau itu harga partnya ya belum termasuk jasa pasangnya.

Advertisements

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here