ARIPITSTOP.COM – Mau knalpot berkualitas namun harga terjangkau?, para penggemar knalpot after market pasti sudah tidak asing lagi dengan Prospeed. Knalpot asli produk lokal Indonesia namun produknya sudah melanglang buana di luar negeri. Kalau knalpot Prospeed lebih diperuntukkan untuk harga yang menengah keatas, kini Prospeed memperkenalkan knalpot racing merek baru, namanya K’Race. Tujuannya agar menjangkau lebih banyak konsumen, knalpot ini didesain cocok untuk motor yang masih dalam kondisi spek standar.

Knalpot K’Race awalnya tercetus karena di masa pandemi ini justru sedang marak terjadi razia knalpot racing terutama di jalanan kota-kota besar di Indonesia terlebih di Jakarta. Agar motor tampil kece menggunakan knalpot racing namun suara yang adem agar tentunya lebih aman dari razia meski tidak bisa mengklaim bahwa knalpot ini bebas dari razia.

 

Melihat dari desain knalpot K’Race untuk motor PCX 150 ini terlihat sekilas didesain seperti mirip knalpot bawaan motor pada umumnya. Knalpot ini menggunakan bahan pipa stainless, terlihat warna khas stainless yang cakep dibalut dengan sebuah cover knalpot berwarna hitam yang didesain meruncing. K’Race untuk motor PCX 150 ini memakai tipe Slip On, terdiri dari Header, sambungan header dan Silincer.

Knalpot K’Race ini sudah hampir satu bulan terpasang di motor PCX 150 yang saya pakai untuk motor harian aktivitas kerja ke bengkel Zona Speed. Lumayan jaraknya rumah ke bengkel memakan jarak sekitar 60km, belum lagi buat muter2 belanja sparepart.

Tengok saja ketika knalpot ini sudah terpasang cantik di motor PCX 150, secara penampilan sudah OK lah… lalu buat performa gimana?, motor PCX 150 ini saya pakai untuk harian. Spek mesin masih standar ting-ting hanya ada perubahan bagian CVTnya saja itupun merubah roller memakai 15gram dan per CVT saya pakai 1250 rpm. Dengan suaranya yang adem, motor ini enak banget didengernya, nggak ngebas juga cuma suaranya itu memang adem, ketika dibetot saja suaranya tidak langsung menggelegar kenceng tapi masih bersuara minimal.

Ketika betotan pertama, jelas akslerasi menjadi bertambah, biasanya di speed 50-60an ada jeda dulu untuk menuju kecepatan 70 kpj, setelah memakai knalpot ini sudah hilang power lossnya, langsung ngacir saja dari kecepatan rendah ke tengah. Untuk performa di kecepatan tinggi, ternyata knalpot yang memang didesain untuk spek mesin standar ini bisa menambah power atas meski tidak begitu signifikan.

Informasi yang saya dapatkan jika knalpot ini sudah ada untuk tipe matic lainnya seperti Aerox, Nmax hingga matic mesin kapasitas dibawah 150cc. Soal harga bagaimana?, terjangkau banget karena hanya dibanderol sekitar 1,3 jutaan, tengok saja harga di market place sudah pada bertebaran kok.

Advertisements

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here