ARIPITSTOP.COM – India terus menggebrak soal perkembangan teknologi roda dua, meski desain motor di India terbilang tidak cocok bagi masyarakat India, namun perlu diakui salah satu gebrakan pabrikan motor listrik di India perlu diacungi jempol. Dengan didukung penuh oleh pemerintah dengan memberikan subsidi hingga 50%, terbukti motor listrik berbentuk sport naked ini langsung ludes terjual.

Revolt Motors yang merupakan produsen motor asal India menjual motor listrik pertamanya RV400. Di luar dugaan pihak Revolt, motor tersebut jadi incaran banyak konsumen dan langsung habis dalam sekejap. Gimana tidak ludes terjual, melihat tampilannya saja sudah sporty, desainnya agak berbau sport naked dari KTM Duke 250 yang terlihat agresif. Bagian batery yang besar ditutupi dengan cover air shroud layaknya sebuah motor bahan bakar BBM yang menggunakan tangki. Lihat saja tampak berbobot dan berotot bagian depan.

Sebenarnya Revolt RV400 ini sudah dipamerkan sejak tahun 2019, namun karena terkendala masalah produksi, alhasil baru di tahun ini mulai dipasarkan di India.

Motor ini mengusung ban 17 inci agar tampil gahar di jalan dan cocok melintasi berbagai permukaan jalan di India. RV400 memiliki jok yang bisa membawa penumpang di belakang, bobotnya juga cukup ringan dengan berat sebesar 108 kg saja. Motor ini dibekali sok depan USD dan Monoshok bagian belakang, untuk urusan rem sudah cakram depan dan belakang.

Revolt RV400 dibekali dengan baterai berkapasitas 3,24 kWh yang bisa dilepas dan mampu menghasilkan tenaga penggerak sebesar 3 kW. Kapasitas baterai ini ternyata membuat motor dapat meraih kecepatan maksimum hingga 85 km/jam dan menempuh hingga jarak sejauh 150 km dalam mode ECO, lalu bisa berjalan sampai 100 km dalam mode normla serta 80 km dalam mode Sport.

Akibat pernan penting dari pemerintah India, motor listrik ini mendapatkan subsidi hingga sekitar 50% dan membuat motor ini hanya dijual Rp 17 jutaan saja di India, seharga motor Honda Beat, Mio M3 dan Nex II kalau di Indonesia. Pantes saja kalau motor ini langsung ludes terjual….

Advertisements

4 KOMENTAR

  1. Kpn ya indo bs bikin motor sendiri… Yakin deh klo ampe dibantu subsidi Dr pemerintahan ampe 50% kek indihe… Pasti laku biasanya yg awal beli perusahaan buat motor operational…

    • Skeptisnya adalah, pihak “itu” sendiri memang “ogah” mendukung program mobnas atau motnas mang …
      Karena “nganunya” banyak, ribet… šŸ˜šŸ˜

      Kecuali nanti suatu saat ada yang benar benar berani menyuarakan dan mengharuskan, bahkan dengan ancaman Jepang bakal cabut dari Indonesia sekalipun

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here