ARIPITSTOP.COM – Ada beberapa pengguna motor yang kadang tidak tahu kalau bearing roda bagian depan atau belaakng sudah mulai oblak, padahal sebenarnya gejala bearing roda oblak bisa dirasakan motor akan goyang ketika melewati jalanan tidak rata atau biasanya stang akan juga akan goyang2 ketika jalan lurus maupun melewati jalan bergelombang. Dan ketika bearing roda mulai aus, banyak kasus justru sebenarnya kita bisa mendeteksinya namun tidak sadar kalau itu sebuah tanda kalau bearing roda sudah oblak.

Buat pemilik motor yang sering mencuci motornya sendiri tidak ke tukang steam mungkin akan melihat ketika mencuci motornya ada kotoran berwarna kecoklatan di bagian celah2 as roda depan atau di bagian roda belakang. Bisa dilihat contoohnya dibawah ini.

Jika sudah keluar kotoran kecoklatan seperti ini tandanya bearing sudah mulai karatan yang menimbulkan oblak, kotoran karat tersebut akan keluar dari bearing menuju celah2 as roda.

Jadi kalau di as roda depan atau belakang ada kotoran kecoklatan, buru2 dech bawa ke bengkel buat ganti bearingnya.

Advertisements

5 KOMENTAR

  1. lah ban belakang kecubles besi (kikir besi) mpe tebus samping saja gak tau. katanya ban kurang angin.. (istri gue) khanmintakdilemparsamakursibang? hhh

  2. Kadang dari kampas rem yg gesekan dengan piringan cakram juga ketauan mas… tadinya nggak bunyi.. jadi bunyi gesekan sring sring sring… dicek kampas masih tebel… juga piringan nggak peang… kirain ada kororan/kerikil nyelip di kampas… didiemin aja lama2 berasa geol2…. ternyata bearing biang keladinya….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here