ARIPITSTOP.COM – Kali ini bengkel Zona Speed kembali mendapatkan konsumen yang kondisi motornya tidak terawat hingga bagian gardan sampai jebol dan motor akhirnya tidak bisa jalan. Motor hidup tapi ketika digas tidak mau berjalan, awalnya dikira V-Belt yang putus namun ketika dibongkar justru bikin kaget.

Motor Mio Fino ini terlihat jelas kurang perawatan, bagian CVT kotor dan kondisi as pully belaakng smapai oblak akibat bearingnya ambrol, pelor2 bearing sampai pada lepas dari dudukannya, alhasil pully belakang jadi geal-geol dan bikin v-belt tidak memiliki cengkeraman untuk menggerakkan pully depan dan belakang yang akhirnya motor tidak mau jalan.

Lihat deh kondisi gardannya, bikin pusing tujuh keliling, bearing pada ambrol, gigi2 gardan pada aus dan itu tuch… penuh dengan lumpur air kecoklatan.

Kenapa gardan bisa kemasukan air yang bisa bikin lumpur dan gardan sampai jebol karena tidak dirawat?;

Yang pertama, cek kondisi selang pernafasan di gardan, semua motor matic ada selang hawanya yang disambungkan ke box filter udara. Biasanya selang inisudah getas dan pecah, kalau sudah pecah maka akan dengan mudah air masuk ke gardan dan mulai menjadi mala petaka.

Kemudian faktor kedua, karena selang pernafasan disalurkan ke box filter (ada juga sebagian yang disalurkan ke bax CVT), maka air yang masuk ke box filter secara otomatis akan masuk juga ke ruang gardan. Makanya pastikan juga bagian box filter tidak bisa kemasukan air.

Untuk lebih mengetahui kondisi di dalam gardan, tentunya setelah menerjang banjir disarankan untuk mengganti oli gardannya. Kemudian lebih baik ganti oli gardan lebih cepat dari yang disarankan oleh pabrikan yang maksimal mencapai 10rb km. Lebih baik setiap 5 ribu km saja atau dengan cara dua kali ganti oli mesin satu kali ganti oli gardan.

Advertisements

5 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here