ARIPITSTOP.COM – Seri balap kesembilan MotoGP Belanda 2021 dimulai dengan sesi FP1 dan FP2 di TT Circuit Assen, Jumat (25/6/2021). Vinales langsung menjadi yang tercepat dalam dua sesi latihan bebas di hari pertama ini setelah dirinya menyatakan akan mencontek setingan motor milik Quartararo setelah dirinya finish paling belakang di GP Jerman akhir pekan kemarin.

Uniknya pada sesi FP1 dimana dua pembalap yang mengaku akan mencontek rekan setimnya mulai GP Belanda ini langsung menjadi yang tercepat, Vinales selalu menuai hasil buruk dan berbanding terbalik dengan Quartararo yang langganan podium dan terakhir pada GP Jerman akhir pekan lalu Vinales sangat terpuruk karena finish paling belakang. Jika sebelumnya Vinales dengan pendiriannya tidka mau mencontek setup motor rekan setim, kini dia menyerah dan menyatakan akan menggunakan setup motor milik Quartararo.

Begitu juga dengan Pol Espargaro yang selama ini terlihat masih kesulitan untuk menjinakkan motor Honda RC213V. Setelah Marc Marquez menoreh kemenangan pada GP Jerman pekan lalu, Pol Espargaro langsung berujar jika mulai GP Assen dirinya akan mencontek setup motor milik Marc Marquez. Jika dirinya masih lamban dengan setingan milik Marquez maka dirinyalah yang lamban diatas RC213V.

Hasil positif langsung bisa dilihat saat sesi latihan bebas pertama, Pol Espargaro, di posisi kedua, dan pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins, di posisi ketiga. Sementara itu posisi keempat dan kelima masing-masing ditempati oleh pembalap Monster Energy Yamaha lainnya, Fabio Quartararo, dan pembalap Pramac Racing, Johann Zarco.

Sementara itu pada sesi FP2 cuaca di Assen kurang mendukung akibat diguyur hujan. Namun Vinales masih tetap yang tercepat dalam sesi FP2, Miguel Oliveira, di posisi kedua, dan Quartararo, di posisi ketiga.

Sementara itu posisi keempat dan kelima masing-masing ditempati oleh Marc Marquez, dan pembalap Suzuki Ecstar yang juga juara dunia bertahan, Joan Mir. Setelah mencatat waktu terbaik pribadinya, Marquez mengalami kecelakaan hebat di Tikungan 10. Beruntung, ia lolos dari cIdera tambahan. Hujan turun saat sesi menyisakan 25 menit dan tak ada pembalap yang mampu memperbaiki catatan waktu.

Berikut hasil FP1 MotoGP Assen 2021:

Berikut hasil FP2 MotoGP Assen 2021:

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here