ARIPITSTOP.COM – Masih belum bisa dikendalikannya penyebaran virus Covid-19 terutama di Jepang dan kawasan Asia, serta pembatasan perjalanan yang sedang berlangsung, Dorna Sports dan FIM terpaksa membatalkan balapan di Twin Ring Motegi. Sebagai gantinya, COTA bakal mengisi slot MotoGP Jepang.

Awalnya pihak Dorna berencana menggelar dua balapan beruntun di COTA, seperti yang dilakukan di Qatar pada awal tahun. Juga dilakukan Red Bull Ring yang menyelenggarakan GP Austria pada Agustus. Tetapi rencana Formula 1 untuk menjadikan COTA sebagai double-header pada akhir Oktober mendatang, alhasil menggagalkan rencana Dorna Sports serta FIM. Dengan kembali masuknya Amerika Serikat dalam kalender MotoGP 2021, gelaran GP Thailand pun dimundurkan menjadi 15-17 Oktober.

Pihak Dorna menjelaskan lagi jika masih akan ada revisi jadwal balapan tergantung kondisi, terutama revisi GP Australia akibat kontrol perbatasan yang ketat di Australia, membuka kemungkinan Phillip Island tidak dapat menjadi tuan rumah MotoGP musim ini.

Kemudian GP Thailand tetap masih menjadi catatan khusus, Jika Thailand tak bisa menggelar balapan musim ini akibat Covid-19 yang juga belum reda di negara Gajah Putih tersebut, maka terbuka kemungkinan double-header di Sepang, Malaysia atau akan digantikan di Portimao. Mengingat demi memenuhi jumlah 19 seri, Dorna Sports dan FIM nampaknya bakal mempertimbangkan venue yang sudah menggelar balapan tahun ini.

Berikut revisi jadwal sementara MotoGP 2021:

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here