ARIPITSTOP.COM – Capek, sudah barang tentu kalau memiliki masalah di motor yang terus kambuh tak kunjunh sembuh. Seperti yang dialami oleh motor Vixion ini yang pemiliknya mengeluhkan setiap 3 bulan sekali harus ganti seal waterpump alias pompa radiator, lalu kenapa sil pompa radiator ini selalu bocor meski sudah diganti part yang baru?.

Yap, pemilik motor Vixion ini datang ke bengkel Zona Speed dengan keluhan air radiator bocor bercampur dengan oli mesin, padahal belum lama ganti seal waterpump dan part pendukung lainnya yang ada dindalam pompa radiator. Setelah saya tanyakan historynya akhirnya saya berkesimpulan kalau sebelumnya yang diganti hanyalah seal waterpump yang justru menjadi korban bukan permasalahan utamanya.

Yap, prediksi tersangka awal saya adalah ada masalah di baut noken as yang berfungsi sebagai pemutar waterpump. Akan tetapi stok baut noken Vixion yang juga dipakai di generasi jupoter Mx hingga Nmax, Lexi dan Aerox ini sedang kehabisan stok. Saya coba carikan di dealer malah pada nggak stok, akhirnya saya onlinekan dulu deh… 3 hari kemudian part datang dan sang pemilik saya kabari kalau semua part sudah siap.

Lanjut… motor dibongkar dech… ketika saya bongkar, weleh… bener ternyata oli bercampur air radiator yang tandanya berwarna kecoklatan atau ada yang keputihan.

Melihat jeroan waterpump juga sudah parah, sil bocor rusak bahkan kipasnya juga sudah aus padahal baru tiga bulan diganti baru.

Dan… benar saja prediksinya, permasalahan utama adalah bagian baut niken as yang aus, kalau baut noken as yang aus tidak diganti maka seal waterpump tidak akan awet. Mau diganti seal waterpump sampai seribu kalipun tidak akan sembuh penyakitnya karena permaslahan utamanya adalah baut noken as aus.

Baut noken as ini berfungsi untuk memutar kipas waterpump, putaran kipas harus lurus agar air radiator tidak bocor ke mesin. Namun kalau baut noken as aus, maka putaran kipas jadi miring membuat seal waterpump cepat bocor.

Jadi, ketika mengganti seal waterpump sekalian dicek baut noken asnya, kalau sudah aus harus diganti baru.

Advertisements

5 KOMENTAR

  1. Mas Ari master rem belakang macet itu karena apa ya?, akhir2 ini (sudah ada 2 tahunan) motor jarang pakai cuma di buat sabtu minggu doang kadang malah 2 minggu sekali hehehe…
    Apa karena motor sering nganggur tsb ya, atau memang umur?

    #R12 v.02

      • Siap mas Ari, terimakasih jawaban dan respon nya.

        Beruntung kalian yang rumah nya sewilayah sama mas Ari, saya sampai sekarang masih belum nemu bengkel motor yang bisa di buat jadi langganan, bengkel resmi saja di wilayah saya gak ada sreg di hati saya mau cari di luar kota agak males hehehe…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here