ARIPITSTOP.COM – Starter elektrik sudah menjadi fitur yang paling sering digunakan di motor ketika mau menghidupkan motor, lebih praktis karena tinggal pencet tombol maka motor sudah nyala. Namun ketika ada masalah di bagian elektrik starter maka mau tidak mau motor harus dihidupkan menggunakan kick starter atau bahkan motor tidak akan bisa dihidupkan karena ada sebagian motor yang tidak memiliki kick starter. Jika bermasalah di sistem elektrik starter, ada beberapa faktor seperti tombol bermasalah, aki soak, relay starter rusak, kabel putus atau dinamo starternya rusak. Lalu jika Dinamo yang bermasalah, padahal harganya cukup mahal, bagaimana cara mengatasinya agar keluar biaya lebih hemat?.

Motor tidak bisa distarter elektrik atau tangan ada beberapa faktor yang mempengaruhinya, bisa dari saklar, aku hingga dinamo rusak. Kalau mau lebih detail, pernah saya bahas juga mengenai apa saja yang dilakukan jika starter elektrik bermasalah klik saja artikel lawas disini (klik disini). Kali ini saya akan fokus pada Dinamo starter yang rusak.

Dinamo starter lebih sering menjadi biang kerok ketika elektrik starter tidak bisa digunakan, padahal jarang loch Dinamo itu rusak dan kalaupun rusak biasanya ada dua faktor yaitu arang starter habis atau gulungannya yang rusak.

Jadi ketika Dinamo tidak mau bekerja dengan normal, yang pertama kali dicek tentunya kondisi arang starter. Bisa dilihat pada foto dibawah ini, kebetulan belum lama ini di bengkel Zona Speed menemukan Dinamo starter punya Honda CRF150L dengan kondisi arang starter yang habis, ketika arang starter habis atau tipis maka Dinamo tidak mau berputar dengan normal.

Cukup ganti arang starternya saja, harga arang starter yang asli biasanya direntan harga sekitar Rp50ribu sampai Rp 100ribuan. Bahkan kalau beli arang starter yang versi murah meriah harganya cuma Rp20ribuan saja. Jadi jauh lebih hemat daripada beli Dinamo starter yang harganya paling murah sekitar Rp200ribuan.

Lalu faktor yang kedua ketika Dinamo tidak berfungsi adalah, gulungan atau lilitan kabelnya sudah konslet atau rusak. Jika lilitan yang rusak, memang bisa diperbaiki di tukang dinamo untuk membuat lilitan kabel yang baru, akan tetapi biaya yang dikeluarkan cukup lumayan biasanya sampai Rp100 ribuan.

Cukup sekian pembahasan mengenai Dinamo starter, semoga bisa bermanfaat.

Advertisements

5 KOMENTAR

  1. kalau motor sering pakai start stop system, misal dilampu merah mati. kalau dalam sehari ketemu 10 lamer dikali berapa periode apakah arangnya jadi lebih cepat habis dibanding yang sss tidak diaktipkan

  2. Pengalaman saya punya R15 v.02 mau starter koq gak mau hidup cuma cetak cetek doang, saya kira dari aki karena suara cetak cetek nya pas di bawah jok depan (tempat aki di situ), coba nyalain lampu sein dan klakson masih normal daya nya gak lemah sahwat masih kenceng suara klakson nya, saya lihat di youtube ada yang punya masalah yang sama dan cuma bersihin dinamo starter nya yang kotor, dan ternyata bener akhir nya bisa dan normal tapi setelah 2 hari balik lagi permasalahannya otomatis saya bongkar lagi dinamo nya tapi masih bersih dan kinclong jadi mikir dan garuk2 kepala karena arang starter nya juga masih aman, akhir nya saya coba dengerin lagi dengan seksama sumber suara cetak cetek oh… ternyata di balik cover karet dan itu ternyata bendik starter saya cek sikring nya masih aman coba iseng beli bendik baru dan pasang langsung jreng dengan mudahnya, lah dalah… ternyata bendik nya yang sudah rusak hahaha…
    Sebelum nya pernah berangkat kopdar masih jreng eh… pas mau pulang gak bisa starter akhirnya pakai jurus starter motor balap hahaha… untung motor kopling kalau matic sudah puyeng dedel duel.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here