ARIPITSTOP.COM – Pernahkan motor kita mengalami aki soak terus menerus meski sudah ganti aki baru tetap soak lagi, lalu motor mbrebet terutama saat mesin sudah kondisi panas?, atau setelah memasang aksesoris kelistrikan seperti lampu, strobo atau rotator kemudian kelistrikan di motor jadi bermasalah…, hati-hati jangan spul sudah gosong.

Apa sich fungsi Spul di motor?, part yang terpasang di bagian magnet yang ada di samping kiri untuk motor sport dan bebek dan terpasang di sisi kanan untuk motor matic berfungsi sebagai pembangkit listrik. Spul menghasilkan listrik tegangan arus AC yang kemudian dirubah arusnya menjadi DC oleh Kiprok yang kemudian disalurkan ke Aki. Jadi Spul merupakan peran utama dalam kelistrikan di motor, lawong dia itu sumber listrik.

Kalau spul bermasalah, maka pasokan listrik di motor akan terganggu dan akibatnya sistem kelistrikan menjadi eror seperti sekring sering putus, aki cepat soak, bahkan sampai mengganggu pengapian yang sering terjadi adalah motor akan mbrebet ketika mesin sudah panas atau bahkan sampai mogok. Jadi spul harus selalu dalam kondisi bagus, agar kelistrikan di motor tetap normal.

Lalu kenapa Spul di motor bisa gosong?, faktor utama yang paling sering terjadi adalah Spul kelebihan beban akibat memasang aksesoris tambahan. Seperti memang Strobo, Rotator, banyak lampu2 seperti Projie, HID, dll. Pada akhirnya beban yang digunakan nggak diimbangi dengan pengisian yang besar juga, akhirnya kerja Spull menjadi berat dan semakin lama lilitannya kepanasan dan menjadi gosong. Inilah yang terjadi kalau output lebih besar daripada listrik yang dihasilkan oleh Spul.

Jangan salah, penggunaan lampu tambahan atau sekadar lampu tembak yang berlebihan bisa pengaruh terhadap kondisi spul.

Faktor yang kedua biasanya motor sering kehabisan oli mesin, jika motor sering kehabisan oli atau selalu kekurangan volume oli maka spul semakin lama juga akan menjadi gosong karena kurangnya pendinginan. Hal ini akan terjadi pada tipe spul basah yang terendam oli seperti pada motor sport dan bebek.

Sedangkan untuk Spul di motor matic yang biasanya bertipe kering, Spul yang kelamaan terkena kotoran yang tebal juga akan bisa menyebabkan terjadinya gosong. Bahkan yang sering terjadi namun tidak disadari adalah ketika sil kruk as di magnet itu bocor. Jika seal kruk as bocor, maka rembesan oli akan membasahi spul yang membuat kotoran tebal akan mudah menempel.

Jadi, hati-hati saat mau modifikasi kelistrikan di motor, salah perhitungan maka malah bikin kantong jebol.

Advertisements

3 KOMENTAR

  1. Spul tipe basah atau terendam oli contohnya di motor apa ya kak? Karena baru tahu ini ada tipe spul basah atau terendam oli.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here