ARIPITSTOP.COM – Posisi yang kini di tempati oleh Rossi di Petronas memang menjadi kursi panas. Apakah Rossi akan pensiun di musim ini atau akan melanjutkan balapan lagi untuk musim 2022 kembali bersama Petronas meski performanya yang semakin menurun. Jika pensiun, sepertinya Petronas sudah siap dengan segala keoutusan Rossi, karena gosip panas dari paddock menyebutkan jika Petronas sudah memiliki alternatif pembalap pengganti Rossi.

MotoGP 2021 menandai kiprah ke-26 Rossi dalam kejuaraan dunia Grand Prix. Namun, justru menjadi tahun terburuk sepanjang kariernya. The Doctor baru mencetak 15 poin dari enam balapan yang sudah berlalu. Alhasil, pembalap veteran itu pun terpuruk di peringkat ke-19 klasemen sementara, meski sebelumnya berhasil tembus 10 besar saat berlomba di Mugello pekan lalu.

Rossi berulang kali menjelaskan, dia akan memutuskan masa depannya setelah paruh pertama musim. Tetapi diketahui ada klausul performa dalam kontraknya yang harus dipenuhi sebelum diskusi tentang 2022 dapat dilanjutkan. Dan dikarenakan sosok Rossi, petinggi Petronas SRT memilih bungkam soal kelanjutan nasib sang legenda hidup pada tahun depan, meski sudah mulai mencari pengganti.

Dilansir dari Motorsport.com, bahwa pihak sponsor utama, yakni Petronas akan memperbarui perjanjiannya dengan tim SRT, sementara Yamaha tetap memasok M1 kepada mereka setelah musim depan. Akan tetapi, hal itu belum diumumkan secara resmi. Juga tidak ada jaminan karena pihak Yamaha juga terlibat dalam diskusi dengan Team VR46.

Dengan kemungkinan Morbidelli akan mendapat jatah motor spek pabrikan, yang saat ini dipakai Rossi, pada MotoGP 2021. “Saya masih belum tahu motor apa yang akan saya kendarai tahun depan, tapi saya akan berkendara untuk Petronas,” kata Morbidelli.

Morbidelli yang pada dasarnya dikontrak oleh Petronas SRT, bisa saja memutuskan hubungan kerja dan beralih ke pabrikan lain jika ada tawaran yang lebih baik ketimbang paket yang diberikan oleh tim Malaysia itu.

“Ada klausul dalam kontrak Morbidelli yang memungkinkan dia untuk meninggalkan timnya jika ada tawaran dari tim pabrikan (lain),” demikian ucap sumber terpercaya yang dimuat Motorsport.

Lalu siapa pembalap yang sedang diincar oleh pihak Petronas SRT?, Mengutip situs Corsedimoto, setidaknya ada empat pembalap yang kini masuk bursa tim Petronas SRT untuk menggantikan Valentino Rossi.

Raul Fernandes, usianya masih 20 tahun cocok dengan filosofi Petronas yang membangun pembalap muda. Kini nama Raul Fernandez sedang naik daun berkat sepak terjang apik di kelas Moto2. Dia total telah mengemas lima podium: rinciannya dua kemenangan, dua kali podium kedua, dan sekali podium ketiga.

Tapi Petronas  harus bekerja keras melepaskan Raul Fernandez dari kontrak bersama KTM saat ini. Karena isunya ia sudah diplot KTM untuk mentas di ajang MotoGP bersama tim satelit Tech 3.

Joe Roberts, pembalap ini juga sedang diincar oleh Aprilia. Pembalap asal Amerika Serikat ini jadi salah satu bakat yang banyak dilirik tim MotoGP berkat performa mengkilap pada Moto2 2020. Musim ini, Joe Roberts kembali membuktikan sebagai salah satu kandidat juara dunia Moto2.

Jika gagal merekrut Raul Fernandez atau Joe Roberts, maka Petronas Yamaha SRT paling mungkin mencari pembalap yang memperkuat tim mereka di ajang Moto2.

Jadi selain Jake Dixon, maka Xavi Vierge juga dipastikan masuk kandidat. Apalagi pembalap asal Spanyol itu baru saja mempersembahkan podium pertama untuk tim Petronas Sprinta Racing di ajang Moto2 2021.

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here