ARIPITSTOP.COM – Rangka motor kok bisa patah?, tidak jatuh, nggak pernah tabrakan atau ambruk tapi rangka kok bisa retak bahkan patah? ini yang dialami oleh motor R25 yang satu ini. Rangka berjenis Diamond ini terlihat ada keretakan dan bahkan pernah dilas akibat patah, motor ini memang sering diotak2 atik oleh sang pemiliknya.

Ceritanya kemarin siang, bengkel Zona Speed kedatangan motor R25 yang mengalami rangka retak, sang owner sudah mengetahui kalau retaknya akibat baut penyangga mesin dengan rangka tidak terpasang. Yap… lihat foto dibawah ini, bautnya tidak ada dan setelah saya cek ternyata ulirnya juga sudah selek, artinya motor ini sudah sering bongkar pasang atau memasang crash bar, karena di penyangga baut tersebut sering digunakan untuk memasang crash bar.

Baut penyengga mesin yang kendor atau bahkan tidak ada, maka beban pada rangka menjadi tidak seimbang, semakin lama beban yang tidak seimbang ini membuat rangka memiliki beban lebih berat di titik yang lain sehingga semakin lama rangka menjadi retak bahkan hingga patah.

Keretakan rangka ini terjadi pada sisi kanan dan kiri dengan titik yang sama, artinya memang karena beban yang tidak seimbang yang diperoleh oleh rangka.

So… hati2 saat motor sering dimodifikasi, cek semua baut2 terutama penyangga antara mesin dengan rangka, pastikan dalam kondisi kencang semua.

Advertisements

6 KOMENTAR

  1. Ini orang gmn sih… udah tau itu dudukan mesin… 🤦‍♂️🤦‍♂️🤦‍♂️🤦‍♂️🤦‍♂️… kok dibiarin ngoplong….

  2. Kalau rangka model deltabox macam vixion apakah Ada titik2 lemah kaya bgini atau ga Ada krn sambung2 an lebih minim

  3. Enginer sudah berusaha merancang semuanya dengan perhitungan dan desain yang bagus
    Semuanya dirusak oleh individu yang egois
    Kondisi ini bukan hanya menyerang merek ini tapi di merek lain juga banyak, seperti memasang hub sok tambahan di bak CVT, ya lama lama ambrol lah tuh bah CVT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here