ARIPITSTOP.COM – Kali ini bengkel Zona Speed kedapatan motor Yamah Xabre yang melakukan servis besar bongkar piston, ada yang janggal ketika mesin mulai kita bongkar, yap… banyak lem yang menempel di seluruh paking2nya atau gasket. Bahkan lem yang dipakai terlalu banyak hingga mbkeber kemana2. Bahaya jika memakai lem terlalu banyak karena justru bisa menyumbat aliran air radiator.

Pada saat servis besar, maka salah satu part yang harus diganti baru adalah paking2/gasket, paking ini berfungsi untuk mencegah kebocoran oli atau air radiator di dalam mesin bahkan paking ini juga berfungsi untuk memadatkan kompresi di ruang bakar. Pemakaian gasket baru ketika melakukan servis besar karena paking sudah rusak ketika dibongkar, namun ada kalanya paking kembali dipakai dengan cara memakaikan lem atau gasket cair untuk mengakalinya.

Memakai lem atau gasket cair sebagai tambahan saat memasang paking atau gasket bertujuan agar tidak ada kebocoran oli atau air radiator di dalam mesin. Namun jika terlalu banyak justru akan menimbulkan masalah lain di kemudian hari.

Penambahan lem pada gasket head atau cylinder ini justru bisa menimbulkan masalah baru, jika pemakaian lem cair ini hanya seperlunya saja sedikit atau sangat tipis, mungkin tidak akan berbahay namun jika terlalu banyak bahkan mbeleber seperti pada foto2 ini, bisa berbahaya terutama buat motor yang memakai pendingin aiar radiator.

Lem atau gasket cair yang mbleber ini ketika mengering akan bisa lepas dan masukke jalur aliran air radiator, kalau serpihan2 ini masuk ke radiator maka jalur lobang kecil di dalam radiator bisa tersumbat dan aliran air radiator menjadi terganggu.

Bukan saja bisa menyumbat jalur air radiator, namun jika lem terlalu banyak bisa juga ikut terbakar di ruang bakar, dan kalau lagi apes maka sisa lem cair ini akan menempel di bibir klep, alhasil kompresi menjadi bocor dan tenaga motor jadi loyo bahkan mogok.

Jadi pada saat melakukan bongkar mesin terutama di bagian yang berhubungan dengan ruang bakar, sebaiknya memakai gasket yang baru sehingga tidak lagi memakai gasket cair atau lem. Jika terpaksa harus memakai lem, maka oleskan tipis2 saja jangan sampai berlebihan.

Advertisements

5 KOMENTAR

  1. wk wk wk pasti pas bongkar ma mekanik sblmnya sdh selesai Bozku dan lsg byr bbrp jam kemudian ko msh sama akhirnya mampir de ke Zona Speed keluh kesah pemilik motor ma mekanik bbrp jam kemudian ketemu de penyakitnya 😋sambil berkata serem amat lemnya Kang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here