ARIPITSTOP.COM – Miguel Oliveira menang MotoGP Catalunya 2021 setelah mengalahkan Johann Zarco dengan Fabio Quartararo dihukum penalti tiga detik dan kehilangan podium ketiga, belum sampai disitu karena Quartararo mendapatkan penalti tambahan hingga posisinya melorot ke posisi keenam.

Pembalap Ducati mampu memimpin balapan memasuki tikungan pertama atas Fabio Quartararo. Miller kemudian disalip Miguel Oliveira di lap kedua. Joan Mir tampil impresif di awal balapan. Juara bertahan MotoGP itu sudah berada di posisi keempat di lap kedua, dan kemudian menyalip Quartararo untuk berada di posisi ketiga. Aleix Espargaro juga mampu naik ke posisi empat setelah Quartararo melakukan kesalahan.

Ketika Miller, Aleix, dan Mir bersaing memperebutkan posisi kedua, Oliveira mulai menjauh hingga 0,8 detik memasuki lap kelima. Namun, Quartararo mulai menekan setelah berhasil menyalip Mir untuk berada di posisi kedua pada lap keenam.

Marquez terjatuh di tikungan 10 lap delapan, padahal Marquez tampil cukup impresif dan mampu bersaing di posisi lima besar.

Quartararo perlahan tapi pasti mulai mendekat Oliveira dan menyalip di lap 12. Namun, balapan semakin menarik setelah Oliveira kembali memimpin pada lap ke-14.

Lap ke-17, giliran Rossi yang terjatuh.

Quartararo kemudian turun ke posisi tiga setelah disalip Zarco di tiga lap terakhir. Bencana Quartararo datang, terlihat pembalap ini melepas resleting baju balapnya dan melepaskan protektor dari dadanya. Akibat ulahnya ini, Quartararo mendapatkan hukuman penalti 3 detik.

Oliveira sempat mendapat tekanan dari Zarco di lap terakhir, namun pembalap KTM itu tetap mampu melewati garis finis sebagai pemenang. Quartararo melewati garis finis di posisi ketiga, tapi dihukum penalti 3 detik karena melebar dan melakukan shortcut. Miller yang finis keempat akhirnya naik podium ketiga. Dengan dua kali penalti, akhirnya posisi Quartararo finish di urutan keenam.

Berikut hasil MotoGP Catalunya 2021:

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here