ARIPITSTOP.COM – Modifikasi sudah menjadi hal yang bukan baru lagi buat para biker, ingin tampilan motornya lebih beda dibandingkan motor lainnya, motor dimodifikasi agar tampilan jadi lebih gagah, lebih ganteng dilihat lebih laki, namun hati2 saat melakukan modifikasi, jika salah perhitungan atau tidak teliti justru akan merusak part lainnya.

Seperti yang terjadi pada motor GSX-S150, motor naked bike ini oleh pemiliknya dimodifikasi memakai sok depan USD dan dirubah memakai fairing layaknya GSX-R150. Intinya modifikasinya merubah GSX-S150 menjadi GSX-R150 dengan tambahan sok depan USD.

Pengerjaannya secara penampilan luar memang terlihat rapi… yang sebelumnya motor stang telanjang berubah jadi motor fairing khas gaya motor balap, hehehhe…

Akan tetapi ada satu hal yang kurang diperhatikan, ceritanya sang pemilik motor ini datang ke bengkel Zona Speed yang berada di jalan raya Hankam, Bekasi. Si owner ini mengeluhkan kipas radiatornya meleleh parah, parah banget dech lelehannya, lihat saja foto2nya.

Lalu kenapa kipas radiator bisa meleleh?, apakah karena kehabisan air radiator yang mengakibatkan overheat lalu kipas nyala terus dan terjadi overheat. Ternyata penyababnya bisa dibilang sepele, setelah dicek2 ternyata kipas radiator ini menempel dengan kabel kopling.

Kok bisa meleleh?, yap… kipas radiator ini menempel dengan kabel kopling sehingga ketika kipas radiator yang seharusnya bebas berputar justru putaran kipas tertahan oleh kabel kopling. Karena terus terusan tertahan ketika kipas harus berputar akhirnya kipas menjadi panas dan terus memanas akhirnya membuat kipas jadi meleleh.

Kok bisa kabel kopling menyentuh kipas radiator?, yap… karena salah jalur pemasangan ketika memodifikasi. Jadi ketika memodifikasi motor perlu diperhatikan dengan teliti apakah akibat modifikasi ini ada part2 yang bikin merusak ketika bersentuhan.

Advertisements

6 KOMENTAR

  1. Om Ari, apakah pakai 2 kipas (jika memungkinkan ruangnya) diperkenankan?

    Ada info kawan yang mekanik, suhu mesin pun tidak boleh terlalu dingin karena akan mengakibatkan boros bensin…

    Apakah benar?

    • suhu mesin terlalu dingin menyebabkan boros bensin?? bukannya sebaliknya kang, yg mesin terlalu panas yg menyebabkan boros?

  2. Padahal versi S & R cuma beda depan ny aja, tau gitu dari awal aja beli yg R, toh harga ny cuma beda 2jt an… Kabel2 di versi S lebih panjang, klo di koversi ke R yo pasti ngampleh2 di bawah tanki klo gak teliti. Hadehhh… Kipas radiator mahal & susah lho carinya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here