ARIPITSTOP.COM – Faktor terjadinya pembakaran karena adanya campuran bahan bakar yang sempurna, kompresi yang bagus di ruang bakar dan adanya pengapian yang bagus. Jika salah satu faktor bermasalah maka pembakaran tidak akan sempurna dan performa motor akan terganggu, seperti misalnya dalam pengapiannya berkurang akibat Busi yang belum diganti pada waktunya.

Sistem pengapian di dalam motor berawal dari pick up koil, magnet, kemudian ada CDI/ECU, diteruskan ke Ignition koil, kepala busi dan berakhir di busi. Busi menjadi peranan penting dalam terciptanya pengapian yang bagus, oleh karena itu Busi menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan setiap perawatan motor.

Jika kondisi elektroda dalam Busi sudah aus, maka percikan api yang ditimbulkan tidak bisa maksimal sehingga proses pembakaran campuran bahan bakar tidak sempurna sehingga performa motor menjadi menurun. Bahkan jika kondisi elektroda di Busi sudah sampai habis, maka busi tidak bisa lagi memercikkan api sehingga motor menjadi mogok.

Jadi Busi memiliki peranan penting dalam kinerja motor, ganti busi setiap 6ribu km agar kinerja pengapian selalu maksimal. Meskipun Busi masih bisa memercikkan api ketika elektroda sudah semakin tipis akibat terlalu lama tidak dipakai, maka akan menimbulkan masalah, pembakaran tidak sempurna sehingga akan cepat menimbulkan kerak di ruang bakar sehingga kompresi motor menjadi terganggu.

Busi yang baik dan tidak bermasalah tentu akan membuat kinerja motor jadi lebih maksimal. Motor pun akan terasa lebih enak dan nyaman saat dikendarai menembus jalanan.

Advertisements

2 KOMENTAR

  1. Dulu saya pernah mengalaminya, padahal kalo servis selalu ke BeRes tapi tidak diberitahu kapan harus diganti, hingga akhirnya motor pas distarter sering meletus duarr!! wkwkwk

  2. Ini sih udah bukan lupa ganti.
    Tapi blas ga ngurus motor.

    Lupa ganti tuh paling item, tapi bentuk nya masih normal. Lha ini udah protol kabeh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here