ARIPITSTOP.COM – Beli motor second?, hati-hati… kelihatan bagus dari luar belum tentu kondisi mesinnya sehat. Seperti yang dialami oleh bro Adrian Susanto. Motor Honda Beat yang dibelinya kondisi bekas alias second akan tetapi hancur di bagian gardan, apesnya si penjual motor tidak mau tanggung jawab meski motor rusak saat dibawa perjalanan dari membelinya.

Melihat kondisi gardan yan sampai habis geriginya, bisa dipastikan jika awalnya motor ini pernah kehabisan olibagian gardannya, akan tetapi yang punya motor bandel, karena sudah bisa dipastikan suara gardannya kasar namun tetap dibiarkan saja sampai akhirnya jeroan gardan bisa aus parah.

Berikut kronologinya:

“Ane beli seken om, pas ditest awal diparkiran mall jd ga bs jalan kenceng, keliatannya aman. Lalu pas dibawa pulang jalan speed 40kmh++ bunyi ngingggg gitu. Ane cek ke bengkel tnyata oli gardan dah putih susu, seller ga ngaku. Gear gardan jg mulai reges2 dan Krna ane kesel juga yaud ane putuskan pake aja deh sampe ancur tu gear gardan biar ga rugi2 amat hahaha. Ganti oli gardan sebulan sekali tp bengkel selalu nanya “jarang ganti oli gardan ya?” Krna oli selalu ada gram besi gitu. Akhirnya sekitar 20rb KM++ jadi gitu.” 
Beginilah apesnya ketika membeli mtotor kondisi bekas, seringkali motor bekas yang dibeli konsumen tidak sesuai harapan. Tidak sedikit kasus motor bekas yang baru dibeli, sudah dirawat di bengkel karena muncul berbagai persoalan. Biaya pun akhirnya membengkak dan justru malah merugi.

Ketika membeli motor bekas memang untung-untungan, meski sudah dicek secara teliti namun tetap saja kecolongan. Calon pembeli sebaiknya memperhatikan bagian mesin secara teliti, seperti gasket dan baut-baut pada mesin. Sudah pernah dibuka atau belum mesinnya. Ini bisa dilihat dari warna asli bawaan pabrik apa sudah berubah atau belum. Sebab, kondisi gasket merupakan “pintu masuk” untuk mengetahui apakah motor tersebut pernah bermasalah atau tidak dengan mesinnya. Pasalnya, komponen ini menghubungkan bagian cylinder dengan mesin tengah. Jika gasket sudah pernah diganti, artinya bagian seher hingga setang juga perna diganti dan sudah tidak orisinil lagi.

Biasanya orang yang akan membeli motor bekas akan mengecek suara mesin. Biarkan mesin berjalan tanpa digas, pastikan apakah motor bisa langsam (tetap menyala pada putaran mesin rendah atau tanpa digas). Hal ini untuk memastikan kondisi mesin masih baik atau tidak mengingat motor dengan keadaan mesin yang bermasalah tentu tidak akan langsam pada putaran mesin di bawah 1500 rpm.

Sudah pasti motor harus dicoba jalan, untuk mengetahui lebih dalam kondisi mesinnya, apakah motor masih berjalan dengan baik atau bermasalah.

Advertisements

1 KOMENTAR

  1. ini ceritanya gimana seh, baru beli motor second kondisi seperti itu apa beli motor second trus dipake 20rb KM baru ada masalah itu? kan kalo udah tau waktu habis beli knp juga gak langsung di benerin. trus ganti oli gardan sebulan sekali (busyed tajir bener kayaknya) ane yg pake udah 3 taon saja blom pernah ganti oli gardan. toh suaranya ya baek” saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here