ARIPITSTOP.COM – Lagi dan sering lagi terjadi, kali ini bengkel Zona Speed kedapatan konsumen motor Mio M3 yang mengeluhkan suara kasar di bagian gardan. Suara sangat kasar seperti gesekan antara part yang tidak terlumasi oleh oli. Lalu apa yang terjadi?.

Tak butuh waktu lama untuk membongkar motor di bagian gardan, dan setelah terbongkar… yap… gigi gardan semuanya rusak aus bahkan sampai pada berkarat akibat pernah kemasukan air.

Bisa dilihat kondisi gardan motor Mio M3 dibawah ini, bahkan sampai bearing2 saja pada oblak parah hingga karatan.

Musim hujan perlahan sudah mulai menggantikan panasnya musim kemarau, kalau musim kemarau panas kekeringan kalau musim hujan jadi basah kebanjiran. Banjir menjadi momok buat para biker apalagi biker kota2 besar yang sering bergelut dengan genangan air atau banjir. Hujan dan Banjir, atau ketika mencuci motor juga bisa terjadi, ketika itulah air bisa masuk ke gardan motor, kenapa bisa air masuk ke gardan motor?

Yang pertama, cek kondisi selang pernafasan di gardan, semua motor matic ada selang hawanya yang disambungkan ke box filter udara. Biasanya selang inisudah getas dan pecah, kalau sudah pecah maka akan dengan mudah air masuk ke gardan dan mulai menjadi mala petaka.

Kemudian faktor kedua, karena selang pernafasan disalurkan ke box filter (ada juga sebagian yang disalurkan ke bax CVT), maka air yang masuk ke box filter secara otomatis akan masuk juga ke ruang gardan. Makanya pastikan juga bagian box filter tidak bisa kemasukan air.

Untuk lebih mengetahui kondisi di dalam gardan, tentunya setelah menerjang banjir disarankan untuk mengganti oli gardannya. Kemudian lebih baik ganti oli gardan lebih cepat dari yang disarankan oleh pabrikan yang maksimal mencapai 10rb km. Lebih baik setiap 5 ribu km saja atau dengan cara dua kali ganti oli mesin satu kali ganti oli gardan.

Semoga bermanfaat.

Advertisements

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here