ARIPITSTOP.COM – Akibat cuaca yang tidak stabil di sirkuit Le Mans, balapan akhirnya mengharuskan Flag to Flag alias mengganti motor dari motor kering ke motor basah, proses penggantian motor ini yang dinilai oleh Rossi sangat berbahaya.

Rossi yang start dari posisi kesembilan, sempat naik ke posisi tujuh selepas start. Tapi insiden kecil didapatinya ketika dirinya bersenggolan dengan Pol Espargaro dan Morbidelli di Tikungan 10, hingga posisinya melorot ke 13. Hujan turun pada Lap 4, Flag to Flag harus dilakukan dan semua pembalap mengganti motornya pada akhir Lap 5.

Ketika keluar dari pitlane setelah mengganti motor tipe basah, Rossi nyaris menabrak Brad Binder yang akan masuk ke garasinya untuk ganti motor. Beruntung Rossi cepat tanggap dan segera mengerem, hingga tak terjadi tabrakan. Saat kembali ke trek, Rossi pun berada di posisi 11.

“Secara pribadi, saya tak suka balapan flag-to-flag, terutama karena balapan macam itu lebih berbahaya,” ungkap Rossi dilansir dari Autosport.

“Dibandingkan tingkat stres dan kesulitannya, level bahayanya lebih tinggi. Terkadang kami harus pakai ban kering dalam kondisi basah, atau sebaliknya. Saya lebih pilih balapan penuh sepanjang 45 menit, karena Anda bisa menentukan ritme, dan bisa punya strategi sendiri. Di sini, semuanya lebih mengecoh,” lanjutnya.

“Kondisi yang berubah-ubah sangatlah disayangkan, karena saya tampil kuat dalam kondisi basah. Pada pagi hari, sesi pemanasan saya berjalan baik. Saya cepat dalam kondisi basah sepenuhnya. Ritme saya juga tak terlalu buruk dalam kondisi kering, jadi saya bisa balapan dengan baik pula. Namun, harusnya kami bisa finis lebih baik,” tutur Rossi.

“Saya rasa, kami juga bisa start dengan ban basah medium dibanding lunak. Namun, jujur kami sudah mengira hujan deras bakal datang. Hasil balap saya tak spesial, namun tetap lebih baik karena kami mengonfirmasi kemajuan dari uji coba Jerez. Saya tak terlalu buruk, bisa bertahan di 10 besar. Tapi beginilah balapannya,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini