ARIPITSTOP.COM – Pabrikan asal Austria yaitu KTM kini sudah memiliki pabrik CKD yang berada di kota Gresik Jawa Timur, pabrik ini tentunya akan memperlancar proses penjualan motor KTM di Indonesia yang sebelumnya harus impor secara utuh kini bisa lebih cepat karena dirakit di Indonesia dan tentunya harga yang diberikan bisa ditekan dibandingkan dengan status CBU. Lalu sejak kapan sich pabrik KTM di Gresik mulai beroperasi?.

KTM sudah memiliki pabrik di China dan Chennai, India, serta di Asia Tenggara ada perakitan di Thailand dan Malaysia. Tentu dengan penambahan satu pabrik lagi di Indonesia akan mendongkrak penjualan motor KTM di Asia terutama di Indonesia. Proyek pabrik KTM ini sebenarnya sudah berjalan dari beberapa tahun lalu, namun karena terkendala proses perijinan, pabrik baru ini baru bisa beroperasi Februari 2020.

Sebagai langkah awal, pabrik tersebut nantinya akan digunakan sebagai basis perakitan motor-motor KTM dengan mesin di bawah 400 cc. Namun, pada awal produksinya prioritas utama akan berkutat pada motor 200 dan 250cc terlebih dahulu. Adanya pabrik di Indonesia hanya akan mempercepat proses administrasi (dokumentasi, surat kendaraan, pemesanan) saja, dari yang biasanya satu bulan bisa menjadi satu minggu.

Dijelaskan Presiden Direktur PT Penta Jaya Laju Motor (PJLM) Kristianto Goenadi, pabrik KTM di Gresik sudah beroperasi sejak tahun 2020 lalu. Namun dengan kapasitas yang terbatas lantaran terjadinya pandemi virus Corona. “(Pabrik di Gresik) sudah beroperasi ya, sejak Februari 2020 lalu sudah mulai produksi CKD (Completely Knocked Down),” kata Kristianto, dilansir dari Detik.com.

“Kita start produksi Februari 2020, tapi terkendala supply karena pandemi dan WFH, jadi produksi di 2020 terbatas hanya 800 unit sampai dengan akhir Desember 2020,” katanya lagi.

Yap, akibat pandemi Covid-19 memang sangat memukul market motor di Indonesia, tak luput seperti yang dialami oleh KTM.

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here