ARIPITSTOP.COM – Quartararo kembali impresif di MotoGP Portugal, berhasil finish terdepan membuat dirinya menjadikan Yamaha memenangi 3 seri balapan perdana musim 2021 setelah dua seri sebelumnya Yamaha berhasil menang lewat Vinales dan Quartararo. Balapan di Portugal ini menampilkan sensasi balapan Marc Marquez yang harus bertahan selama 25 lap dalam kondisi fisik yang belum 100% pulih.

MotoGP Portugal 2021 menampilkan drama banyaknya pembalap yang terjatuh, tercatat ada 5 pembalap yang gagal finish, baru berjalan 4 lap, Pol Espargaro mengalami masalah teknis dan harus kembali ke paddock HRC. Jack Miller yang sedang bertarung di barisan terdepan di lap kelima menjadi pembalap pertama yang terjatuh, kemudian Rossi juga menyusul ikutan merasakan kerasnya aspal. Pembalap tuan rumah Miguel Oliveira yang tahun lalu juara di sirkuit ini juga terjatuh meski berhasil bangkit lagi. Alex Rins apes, terus membuntuti Quartararo yang menjadi pemimpin balapan juga ikutan terjatuh, bahkan tak lama kemudian Johann Zarco yang juga mempertahankan posisi barisan depan harus menyerah.

Jalanya balapan juga menarik, Johann Zarco yang start dari posisi ketiga langsung melesat ke depan untuk memimpin balapan. Alex Rins membuntuti dengan berada di posisi kedua. Sementara Quartararo mengawali balapan dengan kurang baik harus melorot ke posisi keenam.

Marquez sempat mengejutkan dengan bisa merangsek ke peringkat ketiga usai start dari peringkat keenam. Namun setelah tiga lap, terlempar ke urutan ke-9 dan terus bertahan di barisan papan tengah sampai akhir lap.

Joan Mir naik ke urutan ketiga. Quartararo kemudian perlahan mampu memperbaiki posisinya untuk meramaikan empat besar. Persaingan Zarco, Rins, Mir dan Quartararo berlangsung sengit merebutkan posisi terdepan. Memasuki lap ke-7, Rins naik memimpin balapan disusul Quartararo di belakangnya. Mir menempati peringkat ketiga, sedangkan Zarco di posisi keempat.

Satu lap berselang, Quartararo bisa menyalip Rins untuk berada di posisi terdepan dengan ditempel ketat oleh Alex Rins. Apesnya Alex Rins, malah terjatuh saat balapan menyisakan tujuh lap. Perebutan posisi kedua menjadi ketat antara Zarco, Francesco Bagnaia dan Mir.

Zarco giliran yang mengalami kecelakaan satu putaran kemudian. Bagnaia ke peringkat kedua diikuti oleh Mir di urutan ketiga.

Quartaro berhasil mempertahankan posisinya finish terdepan dan Bagnaia finish kedua ditempel oleh Joan Mir.

Berikut hasil balapan MotoGP Portugal 2021:

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here