ARIPITSTOP.COM – Kali ini kang ari akan bernagi informasi mengenai motor Nmax ABS yang tenaganya tiba2 ngedrop atau ngempos di outaran tengah atau sekitar 60km/jam, hal ini seperti yang terjadi pada motor Nmax ABS yang sedang diservis di bengkel Zona Speed.

Bengkel Zona Speed kali ini kedatangan pemilik motor Nmax ABS dengan keluhan speedometer mati alias “0” terus tidak bergerak meski motor sudah jalan, disaat yang sama tiba2 tenaga motor langsung ngedrop di putaran tengah.

Ok, lanjut cek and ricek oleh mekanik Zona Speed yang sekaligus penulis pada blog ini🤣, sebelum saya cek… saya analisa dulu sesuai keluhan dari konsumen. Melihat analisa dan sejarah keluhan yang terjadi, saya sudah bisa menebak untuk urusan power yang ngedrop di putaran tengah akibat speemeter yang mati. Meski sudah ketebak tersangkanya, saya tetap cek kondisi tekanan fuelpump, semburan injector dan kondisi Throtle body terutama bagian TPS memakai alat diagnostic tool.

Ok, hasil pengecekan fuelpump, semburan injector dan kondisi Throtle body terutama bagian TPS kondisinya normal. Lanjut sesuai tersangka sejak awal, lanjut cek speedometer yang mati, karena untuk Nmax ABS jika speedometer mati akan berpengaruh pada kecepatannya.

Ketika system kecepatan speedometer Nmax ABS mati/bermasalah, akan memiliki beberapa gejala seperti:

  1. Lampu indikator ABS tidak mati saat motor melaju lebih dari 10 km/jam
  2. Sistem ABS rem akan bermasalah, hal ini berlaku untuk sensor speed roda depan maupun roda belakang
  3. Tampilan speedometer kacau, misal sudah terasa kencang tapi speedometer tetap diangka “0”.
  4. Tenaga motor bisa tiba-tiba berkurang /ngedrop pada kecepatan tertentu, sekitar 60 km/jam, tapi jika gas di kendorkan mesin bisa digas lagi. Namun akan kembali ngempos ketika kecepatan motor mencapai 60km/jam.

Yap, itu beberapa ciri2 ketika speedometer Nmax ABS mati, lalu kenapa Speedometer Nmax bisa mati? bisa dari masalah speed sensor rusak, ada kabel body putus, modul ABS rusak, atau Speedometer Assy yang rusak.

 

Khusus untuk Nmax ABS yang sedang bermasalah di bengkel Zona Speed ini, semua kabel sudah dicek dan normal, ECU normal, Speedometer Assy normal, setelah dicek lagi ternyata sensor kecepatan yang nempel di velg alias speed sensor sudah tidak berfungsi meski terlihat tidak ada yang putus jika dilihat secara fisik.

Ok, lanjut beli speed sensor Nmax, aiiiich… gubrak harganya serem mencapai Rp 900ribuan, tapi tenang dulu karena bisa subtitusi pakai punya Yamaha Xmax 250 yang harganya cuma Rp 260ribuan, jauh lebih murah kan.

Lanjut pemasangan, speed sensor Xmax ke Nmax, sudah kepasang dan hasilnya ketika ditest ride kondisi angka speedometer kembali jalan normal dan motor tidak ngempos lagi.

Lalu kenapa Nmax ABS ngempos di kecepatan 60 km/jam ketika speedometer mati?, jadi gini gaaaaaeeees….

Khusus untuk NMAX ABS memiliki dua sensor kecepatan di depan dan belakang, sensor speed yang di velg depan bekerja mendeteksi putaran roda depan dan mengirimkan hasilnya ke ECU dan ditampilkan di Speesometer untuk angka kecepatannya. Sedangkan untuk sensor speed yang di belakang mendeteksi kecepatan roda belakang dan hasilnya akan dikirimkan ke ECU.

Motor Nmax ABS jika speed sensor depan dalam kondisi rusak, maka ketika motor berjalan di jalan raya speed sensor yang bekerja hanya bagian belakang. ECU akan membaca motor dalam kondisi eror karena sensor balakang membaca normal sesuai putaran roda belakang sedangkan meski roda depan berputar tapi sensor speednya rusak maka dianggap roda depan tidak berputar, alhasil ECU mendeteksi ada yang eror dengan motor karena dianggap roda depan berhenti tapi roda belakang berputar, akhirnya ECU memerintahkan injector untuk mengurangi semburan bahan bakar, maka terjadilah ngempos. Untuk versi mudahnya sich hampir mirip gitu deh dengan kinerja Traction Control.

Untuk lebih jelas, tonton videonya yak…

Advertisements

6 KOMENTAR

  1. kang kenapa kok nmax/aerox sering banyak troubel (kabel sensor kelistrikan ecu etc). padahal merek sebelah paling engine check nyala trus bawa ke bengkel cuma di utak utik doang (jarang yg ganti part)

  2. Berita bagus bagi pemilik Xmax yg memiliki masalah speed sensor rusak…👍👍

    Bisa disubstitusi dgn speed sensor Nmax yg jauh lebih mahal.. lebih bagus pastinya..

    Harga gak bakal boong…

  3. Berarti cara kerjanya mirip atau bahkan sama dengan motor yg ada fitur Traction Control-nya kang Ari, tinggal dipasang socket / saklar on off nya haha

    Xmax saya waktu dipanasin posisi standar tengah terus gas digeber spontan pasti langsung brebet, karena default nya TCS aktif waktu pertama kali kontak on

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here