ARIPITSTOP.COM – Buat para owner Yamaha old Nmax yang punya masalah speedometer mati akibat speed sensor yang rusak pasti akan kaget ketika mengetahui harga speed sensornya yang hampir satu juta, tapi jangan khawatir karena bisa diakali pakai punya Yamaha Xmax yang harganya jauh lebih murah.

Ada beberapa faktor kenapa Yamaha Nmax yang memiliki masalah Speedometer tidak jalan, seperti Speed sensor rusak/putus, Modul ABS rusak atau piranti Speedometer yang rusak, ada faktor lainnya juga yaitu ada kabel bodi yang putus yang biasanya bisa digigit oleh tikus.

Dari beberapa faktor diatas, semua partnya harganya lumayan mahal apalagi jika yang rusak modul ABS (untuk Nmax ABS) yang harganya mencapai Rp 5,9jutaan (per bulan April 2021), kalau yang ini rusak biasanya para pemilik motor akan membiarkannya mati karena harganya yang mahal. Bahkan ada juga yang merubah motornya menjadi Non ABS yang biayanya jauh lebih murah.

Sebenarnya kalau modul ABS rusak dan speedometer tetap jalan maka tidak ada efek ke mesin atau tenaganya, kecuali jika modul ABS rusak dan speedometer juga mati maka motor akan tersendat ketika berjalan di sekitar kecepatan 60km/jam, motor tidak bisa naik lagi tenaganya terasa ngempos meski selongsong gas sudah ditarik sampai habis. Tapi motor bisa digas lagi ketika kecepatan otor sudah turun tapi akan kambuh lagi motor terasa ngempos ketika sudah di kecepatan 60km/jam. Ini hanya berlaku untuk Nmax ABS, untuk Nmax Non ABS tidak ada gejala ngempos.

Kemudian kalau Speed Sensornya yang rusak, harganya juga bikin tercengang, karena harganya kini sudah mencapai Rp 900ribuan. Speedometer mati hanya karena kabel sensor yang rusak harus keluar dwit yang menguras kantong, sabar… karena kalau Speed Sensor old Nmax rusak bisa pakai punya Yamaha Xmax 250 yang harganya jauh lebih logis, cuma Rp 260ribuan saja, harga ini per dilihat per bulan April 2021.

Kabel Speed Sensor Xmax dengan Nmax cuma beda panjangnya dan beda posisi karet dudukan bracket. Untuk panjang tidak jadi masalah karena Xmax lebih panajng sekitar 5cm, sementara untuk karet dudukan bracket di Xmax cuma ada tiga, bisa diambilkan satu pcs di bekas Speed Sensor bawaan motor, kemudian posisi karetnya juga tidak sama, ini mudah tinggal geser saja kok.

Berikut video pemasangan Speed Sensor Yamaha Nmax pakai punya Xmax 250.

Advertisements

7 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here