ARIPITSTOP.COM – Punya motor?, harus wajib merawatnya kalau mau motornya tetap fit dan sehat ketika dipakai. Jangan asal beli motor tapi tidak mau merawatnya akhirnya ketika motor rusak harus keluar uang banyak karena banyak sparepart yang rusak dan harus diganti, seperti pada motor yang baru saja datang ke bengkel Zona Speed ini.

Ceritanya bengkel Zona Speed kedatangan motor Fino karbu, ketika datang di bengkel kondisi motor bisa hidup namun sudah tidak bertenaga alias ngempos, motor bisa sampai ke bengkel karena disetut. Dan suara motornya sudah berisik banget, parah banget berisiknya ngalahin suara bajaj.

Ketika motor saya cek, ternyata motor tidak ada oli mesinnya sama sekali, tidak ada satu tetespun oli yang tersisa didalam mesin. Sudah jelas kalau oli mesin pasti jeroannya akan hancur, benar saja ketika motor sudah dibongkar.

Melihat cylinder sudah baret, lihat pistonnya bisa hitam pekat parah banget…

Kemudian melihat jeroan cylinder headnya lebih seram lagi karena bearing noken as saja bisa sampai mretelin…!, kemudian noken asnya bisa aus sampai habis parah banget… belum lagi kondisi pelatuk klepnya juga sampai parah ausnya.

Semua part yang ada di cylinder head harus diganti, dari noken as, klep, pelatuk klep, as pelatuk, bearing noken as sampai rantai keteng dan lidah ketengnya. Belum lagi motor ini harus ganti kruk as juga karena sudah oblak. Alhasil setelah diestimasi, motor ini menghabisakan biaya hingga 2,4 jutaan jika mau benar2 normal, serem kan…

Makanya rawatlah motor minimal dengan mengganti oli mesin secara rutin, untuk lebih aman dan nyaman gantilah oli mesin maksimal setiap 2.000 km.

Berikut video horornya:

Advertisements

9 KOMENTAR

  1. Lek Ari, numpang tanya. Berhubung WFH, motor hampir setahun ga diservis/ganti oli, tapi secara km belum sampai 2000km sejak terakhir ganti oli. Motor jarang dipakai, paling hanya dipanasi stasioner di garasi seminggu sekali. Apakah olinya masih aman atau baiknya gimana ya mas?

  2. Yah namanya warga +62 yang amat sangat males baca. Di kasih buku perawatan berkala & perbaikan ringan gak pernah sama sekali disentuh.
    Biarin lah, warga +62 super banget banyak duitnya.

  3. Baru minggu lalu kejadian, jupiter mx sy olinya hampir habis. Pantesan cepet banget panas, baru dipake 20 menitan indikator suhu udah nyala. Memang di km 2rb udah saatnya ganti oli, tapi gak nyangka kalo bakal sisa dikit banget(mungkin 300-400ml an)

    • Kalau yamaha apalagi yang sudah berteknologi diasil cylinder dan forged piston usahain tiap 1000km cek dipstik.

  4. Lek mau tanya,
    Motor sya kemarin hampir kehabisan Oli padahal km belum sampe 2ribu. Pas lagi jalan kenceng tiba-tiba mogok, Alhamdulillah setelah dipinggir tunggu beberapa saat di starter Nyala lagi. Beda hari langsung ajah ganti Oli ternyata bener olinya tinggal dikit.
    Yg jadi pertanyaan perlu di cek ngga jeroan mesinnya?
    Alhamdulillah nya sih ngga terjadi apa-apa hingga saat ini.

  5. pak dhe, numpang tanya. saya penggemar oli ‘sesat’ (mahal), juga orgnya pemalas. motor paling saya serfis setahun sekali +/- 5-6rb. memang saya ya juga bosenan. tiap ada model baru paling yg lama di jual . kebetulan saat ini motornya sudah hampir 3th dan belom ada kluaran model terbaru juga. apa yg sebaiknya saya lakukan pak dhe (jatah mo serfis) apakah hanya serfis ganti oli ato perlukah ‘bongkar’ mesin ??

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here