ARIPITSTOP.COM – Rombongan yang terdiri dari Managing Director Dorna Sports; Carlos Ezpeleta, Race Direction Dorna Sports; Loris Capirossi; serta FIM Grand Prix Safety Officer; Franco Uncini, resmi datang ke Indonesia pada Rabu 07/04/2021 untuk memeriksa kesiapan sirkuit Mandalika yang akan menggelar balapan MotoGP dan WSBK. Inspeksi ini bukan hanya di sirkuit melainkan juga kesiapan Bandara yang akan mendukung gelaran balapan.

Rombongan Dorna melakukan pengecekan Bandara Internasional Lombok sebagai penunjang utama berlangsungnya balapan MotoGP maupun WSBK, bandara menjadi salah satu penunjang penting karena akan dilakukan sebagai transportasi utama para rombongan MotoGP terutama bagian logistik. Mereka hadir untuk melihat progres perluasan terminal penumpang, pengerasan dan perpanjangan runway, perluasan apron, pembangunan fasilitas kargo, serta penataan area parkir dan pembangunan anjungan bagi pengunjung bandara.

pic IMI

Untuk menunjang aktivitas balapan kelas Dunia ini, pihak Angkasa Pura I telah melakukan banyak pembenahan di BIL Antara lain perluasan terminal dan fasilitas penunjangnya, dari 24.123 meter persegi menjadi 43.501 meter persegi. Peningkatan landasan pacu dari 2.750 meter menjadi 3.300 meter agar bisa didarati pesawat berbadan lebar yang biasa digunakan official team MotoGP, terdiri dari 4 pesawat Boeing 747-400. Daya tampung terminal juga ditingkatan menjadi dua kali lipat dari 3,25 juta menjadi 7 juta penumpang per tahun.

Selain Bandara,Lalu, ada pula kunjungan terhadap home stay dan sentra industri yang berada di Lombok. Selepas itu, tim Dorna akan diajak untuk berwisata menikmati panorama indah di kawasan Mandalika.

pic IMI

Kemudian yang paling penting tentunya kesiapan sirkuit Mandalika. Bahkan rombongan dari Dorna ini menyusuri trek sepanjang 4,3km yang terdiri dari 17 tikungan itu dengan berjalan kaki untuk mengecek progres pengaspalan trek, pemasangan saluran drainase dan sejumlah aspek keselamatan, seperti gravel bed dan pagar pembatas beton.

pic IMI

Dari hasil inspeksi yang sudah dilakukan FIM dan Dorna mengaku puas dengan perkembangan dan kondisi pembangunan Sirkuit Mandalika. Perwakilan Dorna dan FIM juga memuji sirkuit yang nantinya akan menjadi trek jalanan pertama yang menggelar balapan MotoGP.

“Melihat trek dari gambar dan secara langsung itu berbeda, sangat mengejutkan karena trek ini akan sangat luar biasa. Kami sangat senang dengan progresnya.”

“Tentu setiap orang tahu masih banyak hal yang harus dikerjakan… tapi kami tidak sabar lagi menyaksikan MotoGP di sini, dan kami yakin para pebalap MotoGP akan menyukainya,” tutur Ezpeleta dilansir dari Detik.com.

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here