ARIPITSTOP.COM – Suzuki melakukan pembaruan pada Big Matic Suzuki Burgman 400, pada model 2021 ini dilakukan revisi terutama bagian mesin dan fitur. Burgman 400 2021 kini telah memenuhi standar emisi Euro 5, matic bongsor ini juga sudah memiliki fitur kontrol traksi, Suzuki Easy Start System, panel instrumen baru serta rem ABS.

Suzuki melakukan perubahan cukup signifikan di sektor mesin yang berkapasitas 400 cc satu silinder. Burgman 400 kini memiliki kepala silinder twin-plug baru, lalu profil cam yang direvisi serta injektor yang diubah dari 16 lubang menjadi 10 lubang.

Kepala silinder twin-plug baru (1 silinder dua busi) dengan waktu pengapian simultan menyediakan pengiriman daya yang lebih kuat, meningkatkan efisiensi pembakaran, dan membantu konsumsi bahan bakar. Hal ini didukung dengan waktu pengapian yang disesuaikan juga menghasilkan penyalaan mesin yang lebih mudah dan idle yang lebih stabil.

Perubahan tersebut juga berkontribusi pada kecepatan pembakaran yang tinggi dan mengurangi kemungkinan engine knocking pada kisaran kecepatan atas. Akibatnya, waktu pengapian dapat diatur ke waktu di mana daya dihasilkan dengan lebih mudah, sehingga meningkatkan kecepatan tertinggi. Meski ada pengurangan jumlah lobang injektor dari 16 lobang hanya menjadi 10 lobang saja, hal ini menghasilkan tetesan bahan bakar yang lebih kecil dan peningkatan agitasi udara, sehingga meningkatkan konsumsi bahan bakar.

Lalu di bagian knalpot juga dirubah, yang sebelumnya hanya memiliki satu Catalic Converter kini ditambah menjadi dua sehingga semakin memurnikan asap pembuangan. Perubahan inilah kenapa Burgman 400 2021 sudah lolos standar emisi Euro 5.

Bagian pengereman mendapatkan sedikit revisi dengan unit ABS baru, yang lebih ringan 36 gram dari unit sebelumnya, serta menawarkan respons yang lebih halus saat pengereman berat.

Suzuki Burgman 400 didukung dengan fitur Traction Control sebagai pencegahan motor terjungkal ketika terjadi selip di jalanan yang licin. Matic besar ini juga dilengkapi dengan  Easy Start System Suzuki memudahkan proses pengoperasian tombol starter hanya dengan sekali tekan untuk menyalakan mesin. Selain itu juga ada fitur keamanan berupa Advanced Immobilizer System (SAIS) Suzuki dan penutup magnetik yang melindungi laras penyalaan dan hanya terbuka untuk kunci pemiliknya.

Sebagai matic bongsor tentu harus memiliki bagasi yang super luas, kapasitas bagasi mencapai 42 liter ditambah kompartemen depan yang berkapasitas 6,3 liter.

Untuk membantu para biker yang kehabisan baterai di HPnya, terdapat soket pengisian USB dengan kapasitas daya 12 volt.

Suzuki Burgman 400 2021 akan hadir dalam 3 pilihan warna yakni, matte silver, matte black, dan iron grey.

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here